[Resep] Chocolava Cake

3 May

Assalamualaikum…

Ya ampun, udah lama banget nggak nengok blog ini. Saya malu *nutup muka* hihihii

Tapi ya sudahlah ya, sekarang mari kita mulai ngisi-ngisi blog lagi. Biar lebih kekinian:mrgreen:

Kali ini, biarlah saya mengisi postingan di blog dengan sebuah resep. Sebenernya udah lama sih bikinnya, tapi ya karena satu dan lain hal, baru bisa di-post di sini.

Siapa sih yang nggak kenal sama chocolava/molten/lava cake? Itu lho, kue cokelat yang tengahnya meleber, cair seperti lava yang keluar dari gunung berapi. Buat pencinta cokelat seperti saya, pasti bakalan suka banget sama kue ini. Beberapa minggu yang lalu, saya sempat nyobain bikin kue ini. Berbekal googling *of course*, akhirnya saya menemukan sebuah resep dari Gordon Ramsay, yang saya ambil dari blognya Catatan Nina. Nama resep aslinya adalah Chocolate Fondant. Berikut saya tuliskan ulang dari situsnya, disertai dengan catatan dari saya yang ada dalam kurung. Oh iya, ini satu resep ya, kemarin saya hanya bikin setengah resep.

Bahan

  • 50g melted butter, for brushing (kalau untuk brushing, sebenernya secukupnya aja sih, nggak usah pakai ukuran segala ya)
  • cocoa powder, for dusting (saya pakai tepung terigu biasa)
  • 200g good-quality dark chocolate, chopped into small pieces (untuk setengah resep berarti 100g DCC)
  • 200g butter, in small pieces (untuk setengah resep berarti 100g mentega, waktu itu saya pakai Royal Palmia yang emang ada aroma butternya. Royal Palmia ini memang penyelamat banget deh. Saya suka!)
  • 200g golden caster sugar (untuk setengah resep berarti 100g gula halus)
  • 4 eggs and 4 yolks (untuk setengah resep harusnya 2 telur utuh dan 2 kuning telur, tapi karena saat itu di rumah cuma ada 2 telur lagi dan saya malas ke warung, jadi saya cuma pakai 1 telur utuh dan 1 kuning telur. Tapi sepertinya nggak ngaruh banyak)
  • 200g plain flour (untuk setengah resep berarti 100g tepung terigu serbaguna)
  • Caramel sauce (see ‘Goes well with’) and vanilla ice cream or orange sorbet, to serve (untuk penyajian, saya hanya menaburkan gula halus di atasnya, memang lebih enak pakai es krim sih)

Metode

  1. Siapkan cetakan. Karena nggak punya ramekin, kemarin saya pakai mangkuk alufoil. Oleskan mentega/margarin ke seluruh cetakan. Di resep aslinya, cetakan yang sudah dioles mentega dimasukkan ke dalam kulkas, tapi saya nggak. Setelah cetakan didinginkan, kembali dioleskan mentega/margarin, kemudian lapisi dengan cokelat bubuk (saya pakai tepung terigu biasa). Buang kelebihan cokelat bubuk/tepung terigunya. Lakukan sampai cetakan habis. Sisihkan
  2. Tim DCC dan mentega sampai meleleh. Sisihkan.
  3. Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan kental kemudian masukkan tepung terigu sambil diayak. Kocok dengan kecepatan rendah, tapi saya hanya mengaduk dengan spatula hingga tercampur rata.
  4. Masukkan campuran cokelat dan mentega dalam 3 tahap. Aduk dengan spatula hingga tercampur rata.
  5. Tuang ke dalam cetakan hingga penuh dan simpan dalam kulkas minimal selama 20 menit.
  6. Panaskan oven 200’C, panggang adonan selama 10-12 menit (saya 15 menit) hingga bagian atasnya membentuk crust serta bagian tepi mulai menjauh dari cetakan. Angkat dan biarkan selama 1-2 menit.
  7. Siapkan piring saji, balikkan cake, bagian atas menjadi dasar cake (upside down), taburi dengan gula halus dan siap disajikan hangat.

IMG_20150329_170723

Sayangnya, untuk cake yang pertama saya panggang, cokelatnya nggak terlalu meleleh keluar. Mungkin karena overbaked. Tapi cake berikutnya berhasil! Tengahnya masih meleleh. Untuk rasanya, nggak usah ditanya ya, enak banget! Meski menurut saya agak terlalu manis sih. Tapi nggak bikin eneg.

Yuk yang mau coba silakan🙂

 

4 Responses to “[Resep] Chocolava Cake”

  1. monda May 3, 2015 at 10:13 pm #

    haloo Put…
    ini cakenya bikin ngiler banget deh…,kebayang coklat lelehnya…yummmy deh..
    kalau gitu jumlah gulanya bakal dikurangi dikit deh ya biar nggak eneg

    • Putri "jasmineamira" May 13, 2015 at 5:38 pm #

      iya, bun. enak banget memang. mihihii🙂
      saya juga nanti mau nyoba gulanya dikurangin. semoga nggak ngaruh banyak ke adonannya

  2. Lidya May 4, 2015 at 9:58 am #

    hmmmm langsung ngiler,lumer dimulut🙂

Leave a Reply

