Roti dan Pasta!

12 Mar

Hari minggu kemarin (10 Maret 2013) saya iseng-iseng bikin makanan untuk di rumah. Udah niat sih dari hari sabtu mau bikin roti a la korea gicuu. Fyi, saya bukan pecinta K-Pop atau sejenisnya ya, cuma suka aja gitu nonton beberapa film korea. Hehehe. Tapi nggak sampe ngefans juga sih, biasa aja.

Lanjut ke cerita bikin roti. Kakak saya punya buku resep khusus tentang roti-roti mancanegara. Ternyata roti-roti setiap negara itu beda-beda ya. Ada roti khas taiwan, korea, jepang, india, italia, amerika, dsb. Kakak saya pernah bikin yang roti khas taiwan. Pake adonan biang (water roux namanya)  yang harus disimpan di kulkas selama kurang lebih 2 jam. Sedangkan saya, dari pertama kali baca buku itu, lebih tertarik sama roti korea. Dia pake adonan biang juga, dari tepung ketan yang diseduh dengan air mendidih. Perbandingannya 1:1. Pertama kali bikin roti a la korea waktu ada kakak pertama saya yang dari Bandung. Diisi dengan saus bolognese ‘sisa’ kakak saya bikin lasagna. Ternyata enak banget (mulai deh narsis :p) ini ada sih foto roti bolognese, tapi hasil jepretan kakak saya. Soalnya saya terlalu sibuk untuk ngabisin rotinya :p Roti Bolognese

Nah, karena kesibukan saya yang semakin menjadi-jadi *halah* akhirnya baru bisa wiken kemaren tuh jadi koki lagi. Bikinlah roti a la korea. Adonannya lebih lembuuuutt, tapi belum selembut roti-roti yang ada di bakery terkenal sih, harus banyak latihan lagi nih saya. Mau tau resepnya? Mau tau aja atau mau tau bangeeeeett?? *ditimpuk pake roti*:mrgreen:

Roti a la Korea (dari buku Roti-roti Mancanegara, terbitan mana ya? Lupa. Hihihii)

Bahan biang:

50 g tepung ketan | 50 ml air mendidih

Cara: seduh tepung ketan dengan air mendidih. Aduk rata. Sisihkan.

Bahan:

500 g tepung terigu protein tinggi | 100 g gula pasir | 1 bungkus (11 g) ragi instan (tapi saya cuma pake setengah bungkus aja) | 15 g susu bubuk | 2 butir telur (roti yang saya bikin ga pernah pake telur) | 25 g susu evaporasi (nggak pake) | 200 ml air es | 50 g margarin | 50 g mentega tawar (ga pake juga, mahal boookk! *pelit :p jadinya pake 100 g margarin) | 1 sdt garam | 2 sdm susu evaporasi untuk olesan

Cara membuat:

1. Campur tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan susu bubuk. Aduk rata. Masukkan telur dan susu evaporasi. Uleni rata.

2. Masukkan air es sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis. Masukkan margarin, mentega tawar, dan garam. Uleni sampai 3/4 elastis.

3. Tambahkan biang. Uleni sampai elastis. Diamkan 15 menit. Adonan siap dibentuk.

4. Kempiskan adonan. Timbang masing-masing adonan 50 g (atau sesuai selera). Bulatkan. Diamkan 10 menit.

5. Giling adonan, semprotkan isi, gulung. Diamkan 45 menit.

6. Oleskan susu evaporasi.

7. Oven 13 menit (atau sampai matang) dengan suhu 180 derajat celcius.

roti a la korea

Roti a la Korea

Abis bikin roti dijamin otot-otot bisepnya pada keluar *banting-banting adonan* terus kalau lagi kesel juga bisa tuh bikin roti, supaya redaan emosinya. Tersalurkan di media yang tepat, daripada banting-banting piring, mending banting-banting adonan roti :p *udah iyain aja biar cepet*

Di hari yang sama, sorenya saya kelaperan. Nyari-nyari di lemari ga ada makanan. Pas buka kulkas ada ‘sisa’ makaroni yang dipake buat cooking di sekolah 3 hari sebelumnya. Ternyata udah ga bagus😦 tapi jangan khawatir, setelah buka lemari penyimpanan, ternyata ada spagetti kering yang belum dimasak. Yaaayy! Semangat lagi bikin makanan. Kali ini bikin spagetti carbonara. Sebenernya ada sih bahan untuk bikin saus bolognese, tapi entah kenapa malah bikin saus carbonara. Mumpung ada bahannya juga sih (susu, terigu, margarin, keju). Untungnya, margarin sisa bikin roti masih ada, jadinya diabisin deh. Terigu juga setelah ngubek sana sini, ada tinggal paling berapa sendok lagi. Dan voilaaaaa, jadilah spagetti carbonara untuk cemilan di sore hari :p

Spagetti Carbonara

Spagetti Carbonara

next project: Blueberry/Strawberry Cheese Cake. Tapi mau ngumpulin uang dulu buat beli bahan-bahannya *nyari celengan*

8 Responses to “Roti dan Pasta!”

  1. Lidya March 12, 2013 at 12:14 pm #

    bagus banget ya bentuk rotinya, keren deh bisa buat roti sendiri

    • Putri "jasmineamira" March 12, 2013 at 8:04 pm #

      waaaww Alhamdulillah😀 harus banyak belajar nih supaya bentuknya makin bagus dan bervariasi. hihii. Makasih Mba Lidya🙂

  2. monda March 12, 2013 at 3:39 pm #

    setuju dengan mbak Lidya,
    bentuknya dan matangnya bagus banget, udah sering bikin roti ya Put?

    • Putri "jasmineamira" March 12, 2013 at 8:27 pm #

      nggak sering juga sih, bun. kalau ada waktu dan kalau lagi rajin aja *uups :p
      untuk matengnya sih dikira-kira, kalau warna rotinya masih pucet padahal oven udah berbunyi, berarti saatnya nambah waktu pemanggangan. roti yang ini kalau ga salah sampe 20 menit deh dipanggangnya:mrgreen: *kurang panas ovennya

  3. bebe' March 13, 2013 at 4:37 pm #

    Aku sampe sekarang masih belum pede bikin roti. Padahal udah pingiiiin banget. Harus di coba nih kayaknya..

  4. ranny March 14, 2013 at 11:05 pm #

    Ih bikin rotinya bagus bener,ilmu cookingku blm menjamah ke kue2 -_-” kudu beli oven dlu hahahaha koq jadi curcol x_x
    Saalam kenal mbak😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: