Murid saya….

3 Jan

Huwaaaa udah lama banget blog ini dianggurin😦 daripada semakin berdebu, mendingan diisi postingan lagi. Hehehe *harusnya dari dulu ya rajin ngisi blog. Ini ada cerita sedikit tentang murid saya yang spesial. Ayo dibacaaaaa🙂

Sebut saja namanya Iwan. Dia adalah satu-satunya murid berkebutuhan khusus di kelas saya. Entah ya jenis kebutuhan khususnya apa. Kami ga berhak untuk mencap anak ini termasuk kebutuhan khusus yang mana. Iwan sangat suka untuk berjalan-jalan keliling kelas. Saat pembelajaran maupun saat bermain. Kalau Iwan datang, dia pasti mulai mengoceh dan akan terus mengoceh. Entah itu mengajak ngobrol, bercerita, maupun ngomong sendiri. Kadang saya masih suka kesulitan untuk menangani dia. Meskipun Iwan mempunyai seorang pendamping khusus, tetap saja kan guru yang mengajar di kelas juga harus bisa menangani dia. Karena ga selamanya kita akan tergantung sama guru pendamping tersebut. Kalau satu hari guru pendamping itu ga masuk, masa Iwan saya biarin aja. Ga mungkin kan, kasian juga orang tuanya yang udah bayar mahal-mahal. Hehehe. Senggaknya kan saya harus punya kemampuan dasar untuk menangani Iwan.

Balik lagi ke Iwan, dia senang sekali bercerita. Tapi ada 1 topik khusus yang Iwan sangat suka. Yaitu kalau udah ngomongin tentang….. IKAN! Wah Iwan akan senang sekali kalau ngomongin tentang ikan. Bisa abis berjam-jam dengerin dia cerita tentang ikan. Kadang pagi-pagi saat dia baru datang, dia menghampiri saya sambil nyerocos ngomong, “Bu, kemarin aku mancing ikan. Dapat ikan buntal dan catfish.” Kalau dia udah cerita, saya mendengarkan saja. Sambil menimpali sebisanya. Hehehe. Cita-cita dia pun sangat unik. Di saat teman-teman yang lain cita-citanya adalah pemain bola, profesor, dan sebagainya, Iwan ingin menjadi: PENELITI IKAN. Anak itu emang unik.

Jadi inget film India yang judulnya Taree Zamen Par (Every Child is Special). Film itu menceritakan tentang seorang anak yang belakangan diketahui sebagai anak yang disleksia. Anak tersebut kalau saya liat sih hampir mirip sama Iwan. Suka bengong. Cuma bedanya anak di film itu kan akademiknya kurang, kalau Iwan dalam hal akademik dia sudah bagus. Mengerti dengan apa yang kami jelaskan. Yaa cuma itu, kadang kalau lagi pembelajaran klasikal, Iwan masih suka ngoceh dan ga fokus. Bagaimana pun, setiap anak adalah spesial. Baik anak yang berkebutuhan khusus maupun anak yang normal. Makin senang setelah berkecimpung di dunia anak. Hehehe. Semoga bisa menambah pengetahuan lagi supaya jadi bekal nanti kalau saya udah punya anak. Aamiin🙂

12 Responses to “Murid saya….”

  1. jtxtop January 3, 2013 at 6:17 pm #

    Terima kasih atas konten dan info yg menarik dan menginspirasi….thk u

  2. Lidya January 3, 2013 at 7:54 pm #

    harus sabar ya menghadapinya. anak berkebutuhan khusus anugrah dari yan maha esa juga kan

  3. monda January 4, 2013 at 3:54 am #

    Put, harus punya banyak sabar dan sayang untuk anak berkebutuhan khusus ini ya,

  4. Orin January 4, 2013 at 4:39 pm #

    justru jadi banyak belajar dari Iwan ya Put. semangaaaat^^

  5. Petz January 6, 2013 at 11:45 pm #

    semoga makin banyak guru-guru yang semacem emba di seantero bumi Indonesia..
    biar bangsa ini makin maju pola pikirnya:mrgreen:

    • Putri "jasmineamira" January 28, 2013 at 8:38 pm #

      saya mah masih belajar jadi guru. hehehe. eniwey, semoga guru-guru yang lain bisa membuat Indonesia menjadi lebih baik. aamiin

  6. rheza ardiansyah January 13, 2013 at 7:48 am #

    jangan2 dia indigo put,ngomong sama jurig.atau jangan2 dia mutan,nanti udah gede suruh jadi x men aja.hehe

Trackbacks/Pingbacks

  1. Educating Peter [Film Dokumenter] | a PRINCESS story - July 14, 2013

    […] membuat saya jadi ingat seorang murid saya (dulu) di kelas 2. Pernah saya ceritain juga sekilas di sini, dia anak berkebutuhan khusus juga, autis tapi nggak tau spektrumnya apa. Bukan Down Syndrome yang […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: