realita anak sekolah

2 May

Seminggu yang lalu, saat saya berangkat ke kampus dalam rangka menuntut ilmu (biasanya sih cuma maen-maen aja, maklum kuliah tinggal 1 lagi. hehehhe), saya melewati segerombolan anak berseragam putih-abu lagi nongkrong di jalan. Jam tangan saya menunjukkan pukul 7.10 WIB, dan para siswa itu masih asyik aja nongkrong di depan jalan.

Kemudian, empat orang siswi berseragam putih-biru memasuki angkot yang saya tumpangi. Minggu kemaren, siswa SMP lagi ujian nasional, jadi wajarlah mereka jam 7.10 baru berangkat dari rumah, karena mereka masuk untuk ujian jam 7.30 (mungkin). Seorang siswi SMP yang udah masuk angkot tiba-tiba mengeluarkan kepalanya sedikit lewat jendela, dan berteriak kepada siswa SMA yang masih asyik nongkrong di depan jalan.

mereka ngomong pake Bahasa Sunda

siswi SMP: heh geulis (katanya kepada salah seorang siswa SMA tersebut, padahal yang diajak ngobrol cowok loh, tapi emang sih keliatan rada cantik, dengan artian cowok berkulit putih yang dandy abis, tapi ga melambai) kok ga sekolah?

siswa SMA yg dipanggil geulis: ga mau ah! (sambil ngegelengin kepala)

Terus beberapa menit kemudian (angkot saya ngetem lama banget di depan siswa-siswa SMA tersebut -.-‘) seorang siswi SMA, dengan rambut merahnya (hello, di sekolah SMA saya yang dulu mana boleh rambut dicat merah gitu -.-‘) datang bergabung dengan gerombolan cowok itu. Terus salah seorang siswi SMP di angkot saya (beda sama yang tadi) nyapa cewe itu, nanyanya sama: ga sekolah? Dan cewek itu menjawab dengan kata yang sama: ga mau! -.-‘

Tapi anehnya, salah seorang dari gerombolan itu ngebuka tas, dan ngeluarin LKS salah satu mata pelajaran, terus minta LKS temen-temen yang laen. Mereka jadi bolos ga sih? Kok malah ngerjain LKS? Hahhaha😆

Angkot saya pun keburu melaju sebelum saya tau jawabannya.

Peristiwa bolos membolos emang udah banyak banget terjadi, bukan cuma di sekolah swasta, tapi juga di sekolah negeri. Hampir semua anak sekolah mungkin pernah ngerasain bolos (tapi saya kayaknya belum pernah bolos deh *lupa* hahahaha :mrgreen:) Udah bukan hal yang aneh lagi melihat anak-anak berseragam sekolah malah nongkrong-nongkrong di luar pada waktu jam pelajaran. Okelah, kita bisa berpikiran positif, mungkin aja dia sekolah siang, sekolahnya emang diliburin, ga ada guru, lagi darmawisata di luar sekolah, dll. Tapi, segitu membosankan kah sekolah? Sampai anak-anak sekolah ga mau sekolah? *mungkin bisa jadi peer untuk kita semua

Ada lagi, beberapa minggu yang lalu, saya pernah denger berita tentang anak SD yang berusaha untuk ngeracunin temennya gara-gara ga mau ngasih uang pas dipalak! Astagfirullah, anak SD udah berpikiran untuk membunuh (ngasih racun) ke temennya cuma gara-gara itu doang? Bener-bener bikin miris😥

Semoga tema tentang pendidikan karakter yang diusung tahun ini tak hanya menjadi sekedar tema. Amin.

SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL!

Semoga pendidikan karakter di Indonesia menjadi lebih baik

48 Responses to “realita anak sekolah”

  1. Racoonmacoon May 2, 2011 at 7:35 pm #

    iyaaaa, emang sekarang semua orang udah pada pernah ngerasain bolos.

    kalo saya pernah bolos engga ya ?
    lho malah nanya diri sendiri. haha

  2. niQue May 2, 2011 at 8:41 pm #

    di sini hampir setiap hari berhadapan dengan anak sekolah yang bolos.
    udah digalakin eh pergi ke warnet lain.
    yang apes klo passiang, susah mbedain yang bolos sama baru pulang sekolah hiks …
    padahal saya pengen banget tuh guru BP mereka proaktif sedikit dengan merazia warnet2, pasti deh bakal panen anak murid😀

    • jasmineamira May 3, 2011 at 7:00 pm #

      hahahah bener, mbak😀 di warnet pasti banyak anak sekolahan😀 jadi geregetan sendiri yah -.-‘

  3. ais ariani May 2, 2011 at 10:14 pm #

    LKS?
    ya mpppuuunnn LKS itu mash ada yah put jaman sekarang?
    hihihihihihi…

    Yup, anak yang bolos itu sebenernya bukan hanya tanggungjawab sekolah, tapi tanggungjawab bersama..

    udah pamit sama emak sama bapak di rumah mau pergi menuntut ilmu, kok yah malah pergi kemannna gitu.

    hhmmm….

    • jasmineamira May 3, 2011 at 7:00 pm #

      masih ada, mbak. kirain LKS udah ga jaman yah? hahahahaha😀
      iyaaahh, ga tanggung jawab aja, bilangnya mau sekolah, tp ternyata…..😥

  4. arman May 3, 2011 at 12:11 am #

    hehe ironis ya.. membolos sekolah di hari pendidikan nasional.😀

    • jasmineamira May 3, 2011 at 7:01 pm #

      hehehe itu sebenernya peristiwa seminggu yg lalu, mas😀 tp ya tiap hari pasti ada lah yang bolos -.-‘

  5. sedjatee May 3, 2011 at 7:12 am #

    setuju jasmine….
    selamat hardiknas dengan ironi
    para murid bolos berseragam
    merokok sambil main gitar di sebuah warung
    melakukan itu semua tanpa rasa bersalah

    tetapi harus diakui,
    mereka adalah korban sistem pendidikan yang mengarah komersialisme
    hanya mementingkan untung-rugi
    bukan sebagai wahana pendidikan budi pekerti

    salam sukses..

    sedj

    • jasmineamira May 3, 2011 at 7:02 pm #

      beneeerr oom😦 ahh masih banyak peer untuk seluruh masyarakat indonesia menyangkut pendidikan *tsaaaaahh

  6. bundamahes May 3, 2011 at 7:37 am #

    iya deeehhh.. saya ngaku… saya pernah bolos😳
    tapi bolosnya pas dah nungguin hasil ujian, bukan pas lagi ada pelajaran kaya si neng-neng di atas ituwwwhhh,,,

    *jangan bilang2 ke Mahes yak!😀

    • jasmineamira May 3, 2011 at 7:03 pm #

      hahahaha bilangin ahh ke maheeess :p
      kalo itu mah saya juga suka bolos😳

  7. harestyafamily May 3, 2011 at 8:09 am #

    LKS singkatannya apa coba???
    Masih pada inget gak?
    Trus teman2 pada pakai terbitan mana LKSnya?

  8. kamal May 3, 2011 at 8:16 am #

    Zamannya sudah berubah, anak-anak sudah malas untuk bersekolah terus yang salah siapa? dimana-mana banyak yang bolos

    • jasmineamira May 3, 2011 at 7:04 pm #

      yg salah? ya ga bisa nentuin pihak mana yg salah, mungkin semuanya punya andil dalam membolosnya siswa sekolah itu, ga bisa nyalahin satu pihak. hehehe😀

  9. Lidya May 3, 2011 at 9:17 am #

    kalo aku pernah bolos tapi diem dirumah aja alias males sekolah hehehe

    • jasmineamira May 3, 2011 at 7:05 pm #

      hahhaha bener, mbak😀 mending gitu yah, orang tua tau, daripada kelayapan kemana-mana:mrgreen:

  10. Orin May 3, 2011 at 11:19 am #

    Iya Puuuut, berita soal anak SD yg berencana ngeracunin temennya itu menyedihkan banget, sekecil itu otaknya udah kriminal, gmn gedenya nanti *shock*

    • jasmineamira May 3, 2011 at 7:05 pm #

      serem banget kan, teh? -.-‘ masa anak sekecil itu udah punya pikiran untuk “ngebunuh” temennya? Astagfirullah😯

  11. Ade Truna May 3, 2011 at 1:19 pm #

    speechless…

  12. monda May 3, 2011 at 1:27 pm #

    Terlalu banyak godaan di luar mungkin ya yang buat anak2 bolos, atau mungkin sedari kecil nggak diajak belajar serius di rumah.

    • jasmineamira May 3, 2011 at 7:07 pm #

      hmmmm bisa jadi sih, bund. semua hal bisa jadi memicu terjadinya proses bolos membolos

  13. Asop May 3, 2011 at 1:55 pm #

    Ih, iya lho, perihal anak SD yang ngeracuni temennya itu biadab banget. Apa sih yang ada di pikiran mereka? Saya malah kasihan, tampaknya mereka gak dapet kasih sayang dan perhatian yang cukup dr kedua orang tuanya.😡

    • jasmineamira May 3, 2011 at 7:07 pm #

      bener sop. perasaan waktu SD ga pernah tuh ada pikiran mau ngejahatin temen, apalagi sampe ngeracunin. iiihh -.-‘

  14. wulanmanjol May 3, 2011 at 2:34 pm #

    aku juga pernah bolos mbak…
    dan selesai bolos aku langsung kasih tau sama orangtuaku. walaupun emang langsung diomelin :p

    • jasmineamira May 3, 2011 at 7:08 pm #

      hahaha sama doooonngg *tos!* aku juga kalo abis bolos, pasti bilang ke ortu, meski diomelin. ahhahhaha *terlalu polos*

  15. imajinasi gila seorang icen May 3, 2011 at 6:17 pm #

    sekolah memang terasa membosankan kalo guru-gurunya tidak kreatif dalam mengajar.

    btw, postingan terbaru kita sama-sama nyerempet soal pelajar sma naik angkutan, mba… hehe… dicek ya.

    • jasmineamira May 3, 2011 at 7:09 pm #

      makanya kalo mau jadi guru harus kreatif yah, biar belajar itu menyenangkan😀
      oh yah? insyaallah nanti dicek😀

  16. bhiberceloteh May 3, 2011 at 10:08 pm #

    emmmm.. emmmmmh…
    aku khan dulu sering boloooosss:mrgreen:
    paling parah kelas 3 SMP dan 1 SMA, sumpeeee males banget!
    kadang dirumah ajaa kadang main kerumah sesama pembolos.

    akhirnyaaa insyaf di kelas 2 SMA akhir!:mrgreen:

    bandel siih, tapi gpp laah, kenangan masa sekolah aku jd lebih warna-warniiii, hehe!

    • jasmineamira May 10, 2011 at 6:39 am #

      @kak bhi: hahhahaha nggak apa2, kak😀 yang penting kelas 2 akhir insyaf kan? :p
      iyaaa emang, biar kenangan di sekolah makin berwarna warniii, biar ada cerita untuk anak cucu :p

  17. Necky May 4, 2011 at 1:14 pm #

    sama donk…saya juga ga pernah bolos…cuma minta izin meninggalkan pelajaran aja dengan alasan ada kegiatan organisasi ini itulah….kalau ini sama ga yah?? endingnya sih…ya main2 juga….hehehehe

  18. PuteriAmirillis May 4, 2011 at 1:33 pm #

    serem ya put…aku juga liat anak smp sma..masih keliaran di jalan padahal udah masuk jam sekolah dan pake seragam pula,,,
    mereka memang jamannya ingin tahu hal baru,,tp malas belajar ya put,,dulu jaman aku sekolah lagi musim2nya narkoba (hehe narkoba kok musim)…banyak temen yg terjerat…
    tauran pelajar juga menyeramkan,,mereka nekat2,,,
    yg salah kurikulumnya, pemerintah, atau sapa,,kayanya semua berkaitan deh,,,ortunya yg penting untuk mendidik anaknya juga…

    • jasmineamira May 10, 2011 at 6:45 am #

      @mbak puteri: naudzubillah. serem banget yah sampe banyak yg terjerat narkoba gitu😦
      pendidikan dimulai dari keluarga, makanya keluarga harus ngedidik yang baik2, sekolah tinggal ngikutin apa yg udah diajarin sama ortu *sotoy:mrgreen:

  19. Prima May 5, 2011 at 10:51 am #

    kalo aku pasti langsung inget ortu, capek2 mereka cari duit, eh kitanya malah gak sekolah… semuanya emang tergantung pendidikan dr keluarga… kalo dari “dalam” udah bener, mau dimana aja ya pasti “bener”…

    • jasmineamira May 10, 2011 at 6:48 am #

      @mas prima: setujuuuuuuhh, maass! pendidikan dimulai dari keluarga, makanya jangan maen2 dengan keluarga *maksudnya?* -.-‘

  20. dheeasy May 7, 2011 at 4:39 pm #

    -mungkin- bila “kehidupan” di sekolah menyenangkan -bagi setiap individu yang tentunya punya banyak beda minat- takkan ada kata bolos a.k.a cabut dalam kamus persekolahan di Indonesia…

    Untuk Indonesia yang lebih indah🙂

    • jasmineamira May 10, 2011 at 6:50 am #

      @mbak dede: iyaah, mbak. peer untuk kita semua😀

  21. Susan Noerina May 8, 2011 at 5:18 am #

    Miris emang yah Cyiiinnn dengan kelakuan anak2 jaman sekarang. Ga cuma perihal membolos dan nyontek, tapi ada anak SMP yang jadi PSK, ada anak SD yang hobi nonton bokep trus memperkosa temen sekolahnya, ada yang melakukan pembunuhan. Astagfirullah!!

    Semoga ke depannya mutu pendidikan di Indonesia bisa lebih bagus lagi sehingga mencetak banyak anak2 yang berprestasi. Amien

    *Jeng Soes kesambet apaan seh pagi2 ngomongnya sok wise ginih??? :-)*

    • jasmineamira May 10, 2011 at 6:54 am #

      @jeng soes: iyaa bener. sedih banget ngeliat kelakuan anak2 itu. peer untuk kita semua sebagai penerus bangsa😀

  22. kang ian dot com May 11, 2011 at 6:56 am #

    pas STM juga saya sering bolos loh put kalau g bolos diancam sm yang lain xixi

    • jasmineamira May 11, 2011 at 5:55 pm #

      @kang ian: hahahaha masa jahiliyah yah itu :p

  23. Goda-Gado May 11, 2011 at 8:28 pm #

    hahahaha
    sy tidak terlalu hobi membolos, tp seneng klo pas mbolos.
    ada rasa tantangannya.

    ada satu temen semejaku sejak kelas 2 SMA sampai lulus.
    absennya boleh dibilang 60-40
    60 masuk, 40 izin dg aneka macam surat izin baik sakit maupun izin macem2. Tp yg bersangkutan selalu dapat ranking 10 besar paralel.

    pas duduk di IPA, dia jg masuk 10 besar.
    lulus sma ketrima di UNDIP>😀

    seringlah membolos maka kamu akan pintar. LoL

    • jasmineamira May 16, 2011 at 7:35 am #

      @mas ahmed: waaaaaaawww hebat amat itu. jenius bawaan alam kayaknya :p

  24. Aden Goall June 4, 2012 at 3:14 am #

    Peristiwa bolos membolos emang udah banyak banget terjadi, bukan cuma di sekolah swasta, tapi juga di sekolah negeri. Hampir semua anak sekolah mungkin pernah ngerasain bolos (tapi saya kayaknya belum pernah bolos deh * lupa * hahahaha ) Udah bukan hal yang aneh lagi melihat anak-anak berseragam sekolah malah nongkrong-nongkrong di luar pada waktu jam pelajaran. Okelah, kita bisa berpikiran positif, mungkin aja dia sekolah siang, sekolahnya emang diliburin, ga ada guru, lagi darmawisata di luar sekolah, dll. Tapi, segitu membosankan kah sekolah? Sampai anak-anak sekolah ga mau sekolah? * Mungkin bisa jadi peer untuk kita semua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: