dibalik episode pelangi: lagu dan cerita awal

19 Apr

Berawal dari sms Bang Aswi (yang dipanggil oleh kami sebagai Manager) hari jumat siang, isinya:

Kita bikin postingan ttg latar trbentuknya kembang 3 setaman, pemilihan lagu dan ide cerita, yuk? Tapi versi masing-masing

Waktu Bang Aswi sms, saya lagi sibuk di kampus (gaya), akhirnya ga langsung dibales. Balesnya pas lagi nunggu giliran kontrol di dokter gigi (ga penting)

Jadi akhirnya malah Mbak Ais duluan yang bikin, ceritanya bisa diliat disini.

Pertamanya sih saya udah ngomong-ngomong di twitter bareng sama Indah. Saya ngajakin dia, eh ternyata dia juga mau ngajakin saya. Jadilah kami berdua udah sepakat mau ikutan Kecubung 3 Warna. Tapi, besoknya saya buka twitter lagi, dan ada mention dari Indah, katanya dia ga jadi bisa ikutan, soalnya dia lagi sibuk kerja, takut ga sempet untuk nulis cerita, dia ngusulin ke saya untuk ikut kelompoknya Bang Aswi. Weeeeww, waktu itu kan belum terlalu kenal sama Bang Aswi, jadi sedikit gimana gitu. Hahaha. Tapi ternyata Bang Aswi ngirim e-mail ke saya (yang baru saya baca beberapa hari setelahnya, hahahaha maaf yah) dan saya langsung mau😀 1 orang lagi ternyata sama Mbak Ais.

Awalnya saya juga belum kenal sama Mbak Ais (hehehe sama kita, mbak :D) meski saya sering ngeliat nama Mbak Ais di blognya Bang Aswi. Akhirnya saya maen ke blognya Mbak Ais. Dan ternyata hampir mirip lebaynya sama saya. Hahahahahaha:mrgreen:

Singkat cerita, kami pun konferens di YM. Saya baru kenal sama Mbak Ais di situ, Mbak Ais baru tau kalo saya suka juga sama buku Princess Diaries. Hebohlah di YM, kami berdua haha hihi *Bang Aswi mungkin saat itu tiba-tiba pening mendadak ngeliat kelakuan kami berdua😀 Konferens di YM pun ga ngomongin tentang ide cerita, seperti yang diceritain Mbak Ais, kami hanya lebih ke masalah teknis. Konferens pun ditutup dengan Hamdallah😀

Saya kebagian sebagai penulis pertama. Karena belum ada ide cerita, besoknya di kampus, saya ngomong ke beberapa temen saya kalo saya mau ikutan lomba di blog. Temen saya itu, sebut saja Agus dan Ruri, masing-masing ngasih pendapat tentang lagu yang bakalan dipake untuk jadi cerita. Agus ngusulin lagu Biru-nya Vina Panduwinata. Saya juga berpikiran untuk pake lagu-lagu jadul. Lagu Biru itu emang ada di list lagu yang akan saya pake, atau lagunya Utha Likumahua yang judulnya Esok kan Masih Ada. Jadul amat yah? hahahah😀

Tapi terus kepikiran lagi, saya ga mau nulis cerita tentang cinta-cintaan antara pria dan wanita yang jatuh cinta terus ada konflik, akhirnya bisa bersama lagi. Rasanya tuh bosen aja *blagu:mrgreen: dan tiba-tiba lampu di otak saya nyala! Ngeliat temen saya yang dua orang itu, lagu Glen Fredly feat Albert langsung terngiang-ngiang.

Kenapa saya tiba-tiba teringat dengan lagu itu? Karena kami sering menyanyikan lagu itu di acara-acara kampus. Angkatan saya (di jurusan) punya sebuah “perusahaan” yang bernama Maju Jaya Corporation (biasa disingkat MJ Corp.). Diketuai oleh Agus dan wakilnya adalah Rheza😀 MJ Corp. ini membawahi beberapa anak perusahaan, ada MJ Voice (paduan suara), MJ Dance (tarian tradisional), MJ Film (pembuatan film independen untuk tugas kuliah), dan masih banyak lagi:mrgreen: Jadi, si MJ Voice ini kalo ada acara di departemen, kami selalu membawakan lagu Salam Bagi Sahabat ini. Itu asal mula kenapa saya pake lagu itu😀 mengingatkan saya pada persahabatan IKK 44 yang telah terjalin selama kurang lebih 4 tahun ini.

Ide ceritanya sendiri datang mengalir gitu aja. Tokoh Ali dan Teh Sofi tiba-tiba muncul, saya pun segera menuliskannya, meski (kayak Mbak Ais) saya ga ngerti tentang panti asuhan. Draftnya pun jadi, cuma 1 halaman A4, saya segera ngirim ke Bang Aswi dan Mbak Ais untuk ditindaklanjuti.

Konferens kedua pun dimulai. Mbak Ais kebingungan dengan lanjutannya. Hehhe maaf yah, Mbak😀 Tadinya saya juga punya pikiran untuk jadiin cerpen bagian saya itu sebagai sesuatu yang kocak, tapi hasilnya malah mellow -.-‘ ya udah, ujung-ujungnya malah mellow juga. Hahahaha

Saya pun udah bersedia untuk ngeganti ide ceritanya, takut Mbak Ais kesulitan nerusin, tapi ternyata ide itu tetep bertahan. Alhamdulillah😀

Cerita kedua dilanjutkan oleh Mbak Ais dengan apik. Ada tokoh baru yang bikin Bang Aswi sedikit kesulitan untuk meneruskan, tapi ternyata bisa ditutup dengan apik lagi oleh Bang Aswi😀

Alhamdulillah. Dan kerja kami pun terbayar dengan menjadi juara  ke-3 lomba Kecubung 3 Warna😳

16 Responses to “dibalik episode pelangi: lagu dan cerita awal”

  1. bundamahes April 19, 2011 at 10:38 am #

    sedang menunggu makan-makannya

  2. arman April 19, 2011 at 11:31 am #

    wah hebat juara 3! congrats yaa…

  3. Anugrha13 April 19, 2011 at 11:56 am #

    wah…kolaborasi kartini yang jitu🙂
    selamat yah mbak🙂

  4. Bang Aswi April 19, 2011 at 12:24 pm #

    saya kartini???

  5. Saptriyawati April 19, 2011 at 2:27 pm #

    konferens dunia maya ne hehehe, salam kenal🙂

  6. azzetjogja April 19, 2011 at 3:41 pm #

    Alhamdullah…., ikut gembira nih… SELAMAT yaa….
    Salam semangat selalu!

  7. melly April 19, 2011 at 3:47 pm #

    Selamat yah mba jadi juara 3🙂

  8. ais ariani April 19, 2011 at 10:54 pm #

    kamu gabung di MJ Voice? wow… suara kamu owkey ni, kapan-kapan karoke yuk😀
    hehehhehehee.
    terimakasih put atas ide mu itu. pengalaman baru buat aku menulis fiksi yang benar-benar fiksi🙂

  9. Asop April 20, 2011 at 7:46 am #

    Begitu ternyata.😀

  10. Mabruri Sirampog April 20, 2011 at 8:58 am #

    sedang menunggu potongan tumpengnya…😀

  11. archer April 21, 2011 at 12:59 am #

    selamat ya atas prestasi yang diraih hehe

  12. Orin April 21, 2011 at 9:33 am #

    Kereeeeen…. congrats ya Put😉

  13. Iksa April 21, 2011 at 5:57 pm #

    Kerjasama yang bagus ..

    Salut

  14. kang ian dot com April 22, 2011 at 7:11 am #

    duh yang menang..selamat yaa🙂 jadi tambah semangat dong ^^

  15. Prima April 22, 2011 at 8:54 am #

    sip-sip.. hiihihihih… justru behind the scene-nya pas udah juara, wkakakakaka… jadi udah belanja2 apa aja???:mrgreen:

Trackbacks/Pingbacks

  1. Episode Pelangi: Behind the Scene « Mari Berbagi Bacaan … - April 21, 2011

    […] bisa menginspirasi cerita kami. Latar belakang pemilihan lagu pun sudah dikemukakan oleh Putri di sini. Dan sosok itu hanya mengernyit. Lagu-lagu Glen Fredly sangat tidak dikenal oleh sosok itu. Aura […]

Leave a Reply

