yang kita butuhkan…

17 Mar

Sebuah cerpen lagi, untuk menemani para narablog yg sedang berkunjung ke blog saya ini. Please enjoy it!🙂

Suatu hari di kantin kampus..

Umar terduduk dengan manis di kursi kantin, sedang menikmati makan siangnya. Sudah 3 hari ini dia mengikuti pelatihan yang diadakan oleh universitas tetangga. Dia dan 2 orang temannya terpilih mewakili universitasnya. Jadilah siang ini Umar terdampar di kantin universitas tetangga, menikmati makan siangnya, sambil menunggu kedua temannya yang sedang berjuang mengambil makan siang.

Beberapa menit kemudian, Intan dan Ferry datang membawa nampan. Peluh membasahi kening keduanya, udara hari itu memang sangat panas, dan sesak dengan banyaknya mahasiswa yang berkumpul.

Besok akan diadakan pelatihan bekerja dalam 1 tim. Mereka akan bercampur baur dengan teman-teman dari universitas lain, sehingga Umar, Intan, dan Ferry tidak mungkin berada dalam 1 tim. Mereka bertiga kemudian memperbincangkan beberapa teman dari universitas lain yang telah mereka kenal. Dan masing-masing dari mereka ingin satu kelompok dengan Anwar, mahasiswa universitas tetangga ini. Anwar adalah orang yang sangat aktif dan inisiatif.

Keesokan harinya..

Pengumuman kelompok sedang dibacakan

“Anwar..”

Mereka bertiga harap-harap cemas, sangat ingin sekelompok dengan Anwar.

“Ferry..”

Ternyata Ferry yang sekelompok dengan Anwar. Ferry tersenyum senang kepada kedua temannya. Sedangkan Umar dan Intan seperti sedang menelan kepahitan yang sangat.

Umar akhirnya sekelompok dengan Andi, salah seorang teman yang sangat diperhitungkan. Bahkan Andi dipilih sebagai ketua kelompok oleh panitia. Umar tidak habis pikir, kenapa Andi bisa sampe jadi ketua kelompok? Sepengamatan Umar, Andi sangat tidak inisiatif. Malah Andi pernah bilang ke Umar kalo Andi ga pernah mengikuti organisasi di kampus. Terbalik dengan Anwar yang sangat aktif berorganisasi.

Kelompok Umar pun berkumpul. Ada 3 orang lagi selain Umar dan Andi. Satu kelompok memang terdiri dari 5 orang. Mereka pun berdiskusi dengan hangat, kadang disertai dengan candaan yang datang dari Andi maupun anggota yang lain. Umar jadi merasa senang bisa sekelompok dengan mereka.

Tiba-tiba, dari kejauhan terdengar suara ribut-ribut. Ternyata kelompok Ferry! Anwar terlihat sedang berdiri dan marah kepada salah seorang anggotanya. Setelah diusut, ternyata anggota tersebut kurang setuju dengan usulan Anwar, dan Anwar ga suka kalo usulnya ga diterima.

Dalam hati, Umar mengucap syukur. Ternyata apa yang kita inginkan belum tentu baik. Dan Umar mengingat kalimat ini:

Allah memberikan apa yang kita butuhkan,

bukan yang kita inginkan.

Semua ada hikmahnya.

Jangan hanya terpacu dengan keinginan kita, tapi ingatlah ketika kita tidak mendapatkan apa yang kita inginkan, bukan berarti Allah mau membawa kita jauh dari kebaikan.

Justru Allah akan membawa kita lebih dekat dengan kebaikan dengan memberikan sesuatu yang kita butuhkan.

Allah tau apa yang terbaik untuk hamba-hamba NYA

34 Responses to “yang kita butuhkan…”

  1. Prima March 17, 2011 at 6:33 pm #

    Yup! hikmah yang diperoleh di akhir cerita… selalu bersyukur dengan apa yang ada, mungkin itu yang terbaik dan kita butuhkan…🙂 He knows us than ourselves…

    • jasmineamira March 20, 2011 at 12:12 pm #

      @mas prima: hehehe yuup bener banget, mas🙂

  2. goda-gado March 17, 2011 at 6:58 pm #

    yg kita butuhkan: …”pegang erat pinggangku saat kita melaju di atas dua roda, dendangkan sebuah lagu kesayanganmu seperti sedia kala dimana kita terangkai bersama….etc” [PeDe-S07 mode on]

    ________
    Allah memberikan apa yang kita butuhkan,

    bukan yang kita inginkan.

    kata2 itu pantas diucapkan Umar, lha sebaliknya apa ya begitu???
    kurasa kita semestinya jangan kepedean bhw apa yg kita peroleh adalah bentuk keridhoan Allah utk kita :-s
    wallahu a’lam

    • jasmineamira March 20, 2011 at 12:13 pm #

      @mas ahmed: hehehe *ketawa aja* itu kan cuma sedikit cerita aja. kita kan harus berbaik sangka kpd Allah😀 hehehe wallahu a’lam

      • Goda-Gado March 21, 2011 at 7:45 pm #

        iya iya…
        tp berbaik sangka kpd allah juga harus sambil bercermin,,
        pantaskah kita berprasangka baik jika yg kita lakuin saja g baik…😀

        tp ttp berprasangka baik, bahwa iutu teguran dr Allah juga kali ya…

        dah ketawa udahan,,, dikira org gila ntar

      • jasmineamira March 21, 2011 at 8:00 pm #

        iyaa berprasangka baik harus selalu diterapkan😀

  3. Agus Surachman March 17, 2011 at 7:06 pm #

    Bikin cerpen yang kaya kupu2 capucino panas lagi dong put, gw suka tuh yang kaya gitu,ehehe

    • jasmineamira March 20, 2011 at 12:13 pm #

      @ajus: sabar yaaaahh fans kuuuuu. hahahahaha

  4. yoriyuliandra March 17, 2011 at 7:47 pm #

    Mungkin salah satu pesannya adalah:
    be positive..
    Allah pun sesuai dengan sangkaan hambaNya…

    • jasmineamira March 20, 2011 at 12:14 pm #

      @yori: tuuuuuulll. betuuuull bangeeet! berbaik sangka kpd Allah😀

  5. riez March 17, 2011 at 7:50 pm #

    Cerita yg bener2 pendek tapi isinya ajib…betul apa yg kita inginkan belum tentu baik.

    I love blogwalking

    • jasmineamira March 20, 2011 at 12:15 pm #

      @riez: hahaha hanya sekedar bercerita😀

  6. kezedot March 17, 2011 at 11:04 pm #

    wah ajarin aku dong nulisnya..heheh
    salam persahabatan

    • jasmineamira March 20, 2011 at 12:17 pm #

      @kezedot: yaa tinggal nulis aja😀 hahaha *ga mutu sarannya😀

  7. bundamahes March 18, 2011 at 8:55 pm #

    sesuatu yang baik bagi kita belum tentu baik menurut Allah, pun sesuatu yang buruk bagi kita belum tentu buruk bagi Allah.

  8. Abi Sabila March 18, 2011 at 9:48 pm #

    Seringkali kita membenci sesuatu yang sebenarnya baik untuk kita, sebaliknya kita mencintai sesuatu yang tidak baik untuk kita.

    • jasmineamira March 20, 2011 at 12:18 pm #

      @abi sabila: hehehe iyaa ini juga bener, bi😀

  9. kang ian dot com March 19, 2011 at 7:41 am #

    hehehe yang pinter tp otoriter ya dan egois ihh g betah deh🙂

  10. adizone23 March 19, 2011 at 10:57 am #

    berpikir positif jika mendapatkan hal yang tidak kita inginkan, karena mungkin hal yant tidak kita inginkan merupakan sebuah pembelajaran
    hehe😀😀

    • jasmineamira March 20, 2011 at 12:22 pm #

      @adi: yooooooooiiiii harus selalu berpikir positif😀

  11. marsudiyanto March 19, 2011 at 8:37 pm #

    Jalan2 malam minggu sambil baca2 cerpen…
    Makasih suguhannya

    • jasmineamira March 20, 2011 at 12:22 pm #

      @pak mars: terima kasih sudah mampir🙂

  12. Masbro March 20, 2011 at 3:32 am #

    Begitulah, kadang kita tidak bisa membedakan mana yang kita inginkan dan mana yang (seharusnya) kita butuhkan..

  13. alia March 20, 2011 at 10:29 am #

    iyah Allah selalu memberikan apa yang kita butuhkan
    jadi ga’ perlu sedih kalau kita tidak mendapatkan yang kita mau🙂

    • jasmineamira March 20, 2011 at 12:24 pm #

      @mbak alia: iyaaa beener bgt, mbaaaakk😀
      *jd malu jarang mampir ke tempat mbak alia, pdhl sering dikunjungi >.< segera meluncur ke tempat mbak alia

  14. Kakaakin March 20, 2011 at 9:10 pm #

    Kita aja yang sering sok tau, pake acara maksa2 lagi ya… pengen ini pengen itu… padahal belum tentu itu yang pas buat kita…🙂

    • jasmineamira March 21, 2011 at 7:56 pm #

      @kaka akin: iyaa itulah. Allah memberi apa yg kita butuhkan, bukan yg kita inginkan😀

  15. Asop March 23, 2011 at 7:44 pm #

    Iya, kadang apa yang kita inginkan menurut Allah bukan yang kita butuhkan (bukan yang terbaik), jadi Allah gak ngasih.🙂
    Begitu pula sebaliknya…😐

  16. Pakde Cholik March 26, 2011 at 8:15 am #

    Allah swt juga akan menilai apakah yang kita inginkan/butuhkan itu akan membawa manfaat atau mudharat bagi kita yo nduk.

    Terima kasih atas artikelnya yang bermanfaat.

    Salam hangat dari Surabaya

    • jasmineamira March 28, 2011 at 5:20 pm #

      @pakde Cholik: Alhamdulillah atuh kalo bermanfaat. hehehe. terima kasih kembali, pakde🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: