blog, facebook, twitter

11 Feb

judul diatas adalah 3 situs jejaring sosial yg lagi marak akhir2 ini. blog mungkin memang udah lebih dulu marak dibanding 2 jejaring sosial yg saya tulis setelahnya. tapi saya baru mengenal blog selama kurang lebih 8 bulan😀

sebenernya masih banyak situs jejaring sosial yg ada di internet. sebut saja foursquare, friendster, myspace, tumblr, dan lain sebagainya. tapi saya hanya akan mengulas 3 jejaring sosial yg saya sebutkan dalam judul.

ini adalah pandangan subjektif saya, jd siapapun bisa setuju ato nggak setuju sm apa yg akan saya kemukakan disini. ga ada paksaan

kita mulai pertama dari, blog.

blog, mungkin bukan situs jejaring sosial seperti facebook ato twitter, tp saya menganggap kalo blog jg termasuk situs jejaring sosial. di blog, kita bisa berteman jg dgn para blogger yg lain. bahkan di blog, para blogger bisa lebih mengekspresikan dirinya. maksud saya, di blog, beberapa orang pake nama samaran (nama bwt nulis gt lah) kayak saya ini😀 saya sih emg bikin blog awalnya buat tempat curhat, semacam e-diary gitu. ayoooo ngaku yg buat blog untuk curhat juga :p saya yakin sih rada banyak. hehehehe. pokoknya untuk saya pribadi sih lebih seneng untuk “bergaul” di blog. punya kesenengan tersendiri aja kalo statistiknya naik. meski kadang suka jarang yg komentar, tp yah ga apa2 lah. saya jg kan ga terlalu ngotot bgt pgn jd blogger yg terkenal. kalo udah waktunya saya terkenal, yaa Allah bakalan ngejadiin itu *pede bener dah. hahahaha😀

kedua, facebook

serunya di facebook, bisa ngasih komen seenak udel. maksudnya adalaaaahh, saya dan temen2 tuh kadang2 kalo ngasih komentar di status ato ngasih wall ato apalah suka nggak nyambung. awalnya mungkin masih nyambung sama statusnya, tp akhir2nya maalah ngomongin apaa gitu. seenak kita aja. terus bisa nyari tau tentang orang😀 saya banget ini😀 misalnya pgn tau ttg seseorang, tinggal liat aja profilenya. dia lg kenapa, dia lg gmn, ato status dia gmn, tinggal buka aja profilenya, terus oprek2 deh. liat semua wall dan statusnya dari yg terbaru sampe yg lama2 (hahahahhaha)😀 tapi nggak enaknya, facebook udah mulai kesebar ke generasi2 sebelum kita. generasi orang tua kita lebih tepatnya. jd suka nggak aman kalo misalnya lg pgn ngomong sesuatu yg hanya diketahui oleh temen2 kita. kalo temenan sm dosen juga ga enak. salah bikin status, bisa2 ntr dicecer sama dosen tersebut. dosen2 saya bahkan sampe tau siapa lg pacaran sm siapa, ato siapa putus sm siapa. haduuuuhh -.-‘

ketiga, twitter

nah ini diaaaa. saya udah punya twitter lebih dari setaun yg lalu. paling enak emg ngomong di twitter. generasi orang tua kita jarang bgt pake twitter (kecuali mungkin publik figur dan orang tua yg gahul), terus generasi muda kayak kita jg masih blm pada “ngeh” dgn keberadaan twitter. jd lebih asik aja, masih sepi :p  jd saya dan temen2 emg suka ngomongin berbagai hal di twitter. dari yg penting sampe yg super ga penting. curhat2 ga jelas. saya paling suka “nyampah” di twitter. nulis segala macem yg lagi saya pikirin. kadang dalam 5 menit, suka udah bikin 10 tweet. hahahahaha itu kalo lg ga ada kerjaan. kalo lg ada kerjaan yah paling cuma 8 tweet *sama ajaaa :p ato nggak ngejawab “soalmention” “soalcerita” dan bahkan “soalcinta” kalo lg ga ada kerjaan. hahahahaha. “nyampah” bareng temen2, ngomong ngalor ngidul ntah kemana :p *itu saya dan temen2 loh, ga tau kalo yg laen. heheheh

tp nggak enaknya twitter adalah, ruang untuk nulisnya terbatas. kita cm dibatasi sampe 140 karakter aja, paling cuma bisa mention beberapa orang aja. ga bisa bikin tweet yg panjang2, curhatnya kurang seru aja, harus dibagi jd beberapa bagian. ga enaknya lagi, kalo lg ngobrol banyak (conversation istilahnya) suka bingung mulai bacanya dari mana, karena pasti yg udah2 kan ada dibawah, suka susah nyarinya dan bingung bacanya kalo buat orang yg belum biasa.

ketiga jejaring sosial tersebut ada keuntungan dan kerugiannya masing2. dan ternyata (menurut saya) mereka saling melengkapi. kalo saya lg pgn curhat dgn tulisan yg panjang dan mendayu2, saya akan milih blog sbg jawabannya. kalo lg pgn maen2 sm temen2, saya milih facebook dan twitter. di facebook ngomentarin status temen2, di twitter nyari bala bantuan untuk “nyampah” bareng😀 terus kalo mau curhat, tp nggak mau panjang2, pilihannya adalah ke twitter😀

kira2 itu sih yg saya rasakan dari ketiga jejaring sosial diatas. masih ada yg kurang (tadi pas bikin konsep tuh udah mateng bgt, tp kebiasaan saya adalah nggak pernah nulis konsep, jd cuma ada di dalem kepala aja. jgn ditiru please, harusnya kalo punya konsep lgsng ditulis) mungkin narablog ada yg mau menambahkan? atau berbagi pengalaman?😀 silahkaaaann

17 Responses to “blog, facebook, twitter”

  1. Ms. Plaida February 11, 2011 at 10:46 pm #

    iyaaa, temenan ama dosen emang kadang bikin bingungin. ada beberapa dosen saya yang ngirimin request tapi belum berani saya app karena itu tadi, bingung mau app ato ngga. ampun bapaaakk.. =3=

    timeline (bahasa indonesianya, linimasa ya kalo ga salah?) twitter saya penuh sama orang-orang yang lucu, jadi ngga terlalu “panas” kalo ada isu apa-apa.

    pernah sekali dua kali nyoba follow orang yang kritis, ngga tahan, unfollow deh. saya juga ngga banyak subscribe account berita, nunggu sedekah berita dari RTaan orang.

    tapi sekarang saya lagi maleees banget update twitter, entah kenapa..:mrgreen:

    • jasmineamira February 12, 2011 at 7:01 am #

      @muritia: waktu itu malah saya yg ngirim request untuk temenan sm dosen tsb😀 tp skrg malah ngerasaa gmn gitu, jd kurang bebas aja😀.
      hahahah kalo twitter sih emg lebih enak kalo follow orang2 yg kocak, jd ga bikin kita gondok ato gmn lah. samaaa, saya jg suka males update twitter (tp lebih males update fb sih). kalo terpaksa bgt baru deh buka. apalagi kalo mau nyampah. asik bgt di twitter :p

  2. archer February 11, 2011 at 11:33 pm #

    salam kenal, yang semangat ngeblog ya hehe kalo mau, kita tukeran link juga boleh

    • jasmineamira February 12, 2011 at 7:03 am #

      @archer: iyaa semangat ngeblognyaa😀

  3. archer February 11, 2011 at 11:36 pm #

    tolong cek folder spamnya.. kayaknya komen saya barusan nyagkut disitu.. hehe

  4. taqii February 12, 2011 at 1:46 pm #

    ada yang buat ngerasa gondok di twitter put, klo ada ente nulis lebih dari 140 karakter ada tulisan Your tweet was over 140 characters. You’ll have to be more clever”
    menohok banget kata2nya dikira bego hahah
    pengen rajin ngeblog aslinya tapi banyak kendala hahah

    • jasmineamira February 12, 2011 at 1:58 pm #

      @taqii: heh? beneran, dul? kok aku baru tau sih? hahahahaha mau nyoba ahh ntr kapan2 :p
      lah, kamu kan hampir tiap hari OL, duuuull -.-‘ aku suka merhatiin kamu :p masa ga sempet ngeblog sih?😀 hehehehe
      e-mailnya udah dicek? ntr aku mau ngirim terus yah😀 makasih😀

  5. taqii February 12, 2011 at 2:03 pm #

    waktu OL nya ada , waktu nulisnya ga ada,
    email ente sampe tapi ga ada isinya, cuman judul doang

    • jasmineamira February 12, 2011 at 2:11 pm #

      @taqii: waktu itu aku udah ngirim lagi, ternyata teetep ga masuk yah? ntr aku kirim lagi deh😀
      maap yah jd ngerepotin *sengaja :p

  6. taqii February 12, 2011 at 2:18 pm #

    oh iya, saya lagi nulis tentang penjelasan 10 kriteria aliran sesat menurut MUI, mau baca ndak? baru muqodimah hahah

    • jasmineamira February 12, 2011 at 2:37 pm #

      @taqii: mau mau mau😀 kamu mau kirim ke mana? email aku?
      aku kan selalu antusias sm tulisan2 kamu😀 hehehehe

  7. adizone23 February 12, 2011 at 3:54 pm #

    blog, facebook,twitter punya fungsi masing-masing… semuanya punya kelebihan dan kekurangan dan tergantung kebutuhan si pemakai nya apa
    kalo boleh hanya memilih salah satu saja mungkin saya pilih blog dulu terus twitter baru facebook

    • jasmineamira February 12, 2011 at 4:08 pm #

      @adi: iyaaaahh! setujuuu!
      saya jg milihnya gitu. pertama blog, kedua twitter, ketiga facebook😀

  8. Shinra February 14, 2011 at 11:19 am #

    Di facebook saya berteman dg dosen-dosen saya, jadi sering ga enak kalau mau protes tugas kuliah😆 Meskipun banyak yg bilang bosen sama Facebook, tapi saya ngga pernah bosen sih😀 Info kuliah dan aktivitas lain banyak tersedia di Facebook soalnya. Twitter pun begitu, banyak info yg didapat meskipun kadang mesti rewel nanya akibat kapasitas karakter yg terbatas.

    Kalau blog, malah jadi pilihan ketiga saya😛 Soalnya di antara yg lain, blog butuh waktu pengurusan yg lebih banyak. Tapi enaknya nambah kenalan baru🙂

    • jasmineamira February 14, 2011 at 11:58 am #

      @shinra: hehehehe setiap orang punya pendapat yg beda2 kok😀 silahkan berpendapat, bebas aja😀
      iya emg info di twitter dan fb itu cepet berkembangnya. jd kalo sehari nggak buka fb ato twitter, rasanya udah ketinggalan berita😀 *lebay juga sih. hehehe

  9. echa February 15, 2011 at 3:47 pm #

    haishhhh aku lebih menyukai twitter dan blog😀 soalnya buat yang galau2
    facebook cm buat aplot foto hehehe
    udah gabung di blogor?

    • jasmineamira February 15, 2011 at 6:03 pm #

      @teh echa: hahahahaa iyaa aku jg lebih suka blog sm twitter :p
      udah daftar, tp kayaknya blm ada e-mail konfirmasi deh. mau bgt ikutan blogor😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: