ayah dan anak

7 Feb

Mendapat sebuah tantangan dari sosok itu. Sosok itu mengadakan sebuah kuis untuk me-review tulisan yg pernah dibuat oleh beliau selama bulan Januari 2011.  Segera saya mencari tulisan yg dapat saya review. Saya kemudian membongkar2 arsip tulisan sosok itu di bulan Januari 2011. Dan akhirnya saya menemukan sebuah tulisan dari sosok itu yg saya rasa tuh “saya banget”.

Judul tulisan sosok itu adalah “Anak: Mutiara Kehidupan”. Kenapa saya bilang kalo tulisan ini adalah “saya banget” ? karena ga jauh2, saya sangat menyukai kehidupan anak2. Dan saat saya baca2 lagi, rasanya pas bgt sama bahan skripsi saya (terus aja ngomongin skripsi :p)

Saya menemukan kata2 bagus dalam postingan sosok itu

“Naif sekali jika ada orangtua yang menganggap bahwa anak-anak harus dekat dengan sang ibu saja. Itu (memang) keharusan. Akan tetapi sang bapak juga harus dekat dengan mereka. Keduanya harus dapat bekerjasama mengurus anak-anak. Berbagi kerja. Menata rumah tangga sebagaimana rekan kerja. Ego harus dibuang jauh-jauh. Yang ada hanyalah keikhlasan dan kasih sayang. Itu pun cukup.”

Ayah memang kadang dikenal sebagai orang tua yang terlupakan. Tapi sebenernya ga gitu, ayah sangat berperan dalam kehidupan si anak. Mulai dari pencari nafkah utama keluarga sampai dengan teman bermain anak. Tanpa ayah, anak (terutama anak laki-laki) tidak akan mendapat seorang role model ideal yg dapat ditirunya (dalam hal yg positif tentunya). Saya juga setuju dengan sosok itu, kedua orang tua harus dapat bekerja sana mengurus anak2, komunikasi yg baik dalam keluarga harus dapat terus terjaga. Agar tidak ada salah paham dan salah persepsi.

Pekerjaan mengurus anak memang bukan hanya sebagai pekerjaan ibu saja, para ayah pun harus ikut mengurus anak. Ga usah ngerasa gengsi mengurus anak, tapi saya rasa, para laki-laki ga akan ngerasa gengsi punya anak. Saya bahkan sering menemukan para ayah atau kaum laki-laki mengajak anaknya bermain, menggendong2 anaknya, bahkan kakak ipar saya mempunyai tugas untuk menidurkan anaknya.

Sebuah penelitian (saya lupa sumbernya) pernah menyebutkan bahwa seorang suami yg ikut serta dalam proses melahirkan akan mempunyai ikatan yg lebih kuat dengan anak yg dia saksikan dilahirkan ke dunia, serta memiliki lebih banyak kasih sayang dan perhatian kepada keluarganya (terutama istrinya). Dengan melihat proses melahirkan, seorang suami (ayah) akan lebih menghargai istrinya, dgn penuh kepayahan sang istri melahirkan anaknya. Selain itu, sang suami juga akan lebih merasa terikat dengan anak tersebut, karena dia melihat bagaimana anak tersebut keluar dari perut ibunya.

Membaca postingan sosok itu, saya menjadi tersenyum lega. Karena semakin banyak kaum laki-laki yg menyadari pentingnya peran seorang ayah dalam kehidupan anaknya. Dan salah satu contohnya adalah sosok itu yg sangat sayang dan menghargai anak2 dan istrinya🙂

6 Responses to “ayah dan anak”

  1. Bang Aswi February 8, 2011 at 6:08 am #

    Hatur nuhun atas partisipasinya, ya, Putri ^_^

    • jasmineamira February 8, 2011 at 7:09 am #

      @bang aswi: iyaa bang aswi😀
      hatur nuhun juga udah bikin kuis nya😀

  2. bundamahes February 8, 2011 at 7:33 am #

    weww.. si putri melati dah selese aja nih!
    punya saiya kapan yaaaaaaaa?!

    • jasmineamira February 8, 2011 at 10:03 am #

      @bunda mahes: ayoooooo bunda maheeess! semangaaaaatt!
      *bawa2 pompom sambil joget2 bwt nyemangatin bunda mahes😀

  3. dheeasy February 12, 2011 at 8:45 pm #

    loh… loh… kok kita ngebahas tentang “ayah” juga ya???….

    Selamat kontes put…🙂

    • jasmineamira February 13, 2011 at 8:24 am #

      @mbak dheeasy: iyaa tentang ayah, tp kayaknya beda deh artikel yg dibahasnya. hehehehe
      samasamaa mbak! selamat kontes juga😀

Leave a Reply

