saya dan presentasi

28 Jan

sebenernya, saya adalah orang yg sangat-sangat pendiem *ditimpuk sm orang2*

nggak deng😀 saya pendiem kalo ketemu sm orang baru. kalo sm orang2 lama yg udah dikenal mah nggak pendiem (cerewet).

kalo lagi pengen cerita, biasanya tuh semua diceritain, yg paling sering jadi sasaran cerita2 (dulu) adalah si gebetan saya itu😀 semuuuuuaaa saya ceritain. dari hal yg paling penting, sampe ke yg ga penting. paling seru emg kalo cerita ke dia. hahahahah😀 *maap yah, dul😛

yaa intinya mah saya seneng cerita. tapi beda kalo disuruh “cerita” di depan kelas. yg ada saya malah diem, deg2an bgt, ngomong ga jelas. ternyata itu penyakit saya. saya paling ga bisa kalo disuruh PRESENTASI. padahal kemampuan berbicara di depan umum itu kan penting banget.

saya masih malu dan ga bisa untuk bicara di depan banyak orang. mungkin karena dari dulu nya ga pernah dibiasain kali yah. tp saya orangnya kan emg pemalu (malu2in sebenernya)😀

meski udah sering bgt presentasi di depan kelas tentang hasil tugas kuliah, tetep aja masih suka deg2an dan ngomongnya ga jelas. sebenernya dari rumah udah belajar ntr mau gmn aja pas presentasi, tp ternyata malah lupa -.-‘ saking deg2annya

padahal nanti kalo seminar hasil penelitian, harus presentasi juga. trs sidang juga, meski sidang cm di depan dosen2, tp tetep aja. belum nanti kalo misalnya kerja, mau ga mau harus presentasi juga. semoga nanti kemampuan saya untuk berbicara di depan umum jd semakin baik. amiiiinn

P.S.: kalo punya tips untuk berbicara di depan umum, boleh kok di share di sini. biar saya bisa semakin belajar😀

22 Responses to “saya dan presentasi”

  1. bundamahes January 28, 2011 at 9:44 am #

    karenaaaaaaaaaa…

    meskipun sama-sama ngomongnya, orang yang diajakin ngomong kan bedaaaaaaa…

    coba disuruh presentasi di depan si unyu, pasti lancar jaya!😀

    • jasmineamira January 29, 2011 at 6:46 am #

      @bunda mahes: iyaaa..hahahaha
      masalahnya jauh, jd ga bisa latian presentasi di depan si dia😀

  2. Andika January 28, 2011 at 3:22 pm #

    Buat power point yang ga mononton dan jelas. Kuasai materi (tidak 100% sesuai teks), atur tempo dan nikmati.hehe

    • jasmineamira January 29, 2011 at 6:47 am #

      @andika: makasih sarannyaaa😀
      iyaa kalo powerpoint emg lg belajar bikin semenarik mungkin. materi jg sebenernya udah sering bgt dikuasai, tp tetep aja kalo udah maju ke depan tuh langsung lupa lagi apa yg mau diomongin. hehehhe
      tp makasih banyaaaakk yaah😀

  3. adizone23 January 28, 2011 at 10:40 pm #

    kalo presentasi intinya kuasai bahan yang mau dipresentasikan

    dan coba banyakin untuk bicara didepan umum seperti di organisasi atau rapat karena
    pengalaman itu penting

    • jasmineamira January 29, 2011 at 6:48 am #

      @adi: iyaaa..
      siiiipp, ntr bakalaan dicoba deh. makasih banyak yah sarannya😀
      emg pengalaman itu sangat penting. heheheh

  4. Richie Lanover January 29, 2011 at 10:14 am #

    duuh saya mo ngaseh tips apaan ya.. abisnya saya sering malu (maksudnya malu-maluin)kalo tampil didepan umum😀

  5. Zen January 29, 2011 at 6:02 pm #

    saya pernah bikin postingan tentang presentasi ilmiah, simak aja 🙂

  6. Bang Aswi January 30, 2011 at 11:05 am #

    Teknik yang ampuh adalah kita benar-benar menguasai materi dan menyatakan tidak jika tidak tahu dan jangan sok tahu. Kemudian, tak ada salahnya menganggap orang2 yang ada di depan kita tidak lebih baik dari kita. Itu saja ^_^

    • jasmineamira January 31, 2011 at 7:25 pm #

      @bang aswi: wuuuaaahh..makasih banyak udah ngasih tips, bang😀
      nggak nyangka, ternyata banyak jg yg komen ^_^ makasih bangeeett. sangat berguna untuk saya😀

  7. Sumartok January 31, 2011 at 1:06 am #

    Hi, mungkin bisa coba intip beberapa tips di http://www.presentonomics.com. Moga berguna yah🙂

    • jasmineamira January 31, 2011 at 7:28 pm #

      @pak sumartok: saya udah ngintip tips2 di blog bapak, waaaaaa sangat berguna untuk saya, pak😀
      saya mau minta izin nyimpen link bapak di blog saya yah, supaya orang2 bisa pada baca jg. sangat bermanfaat soalnya, pak ^_^ terima kasih udah mampir dan ngasih tau tipsnya🙂

      • Sumartok April 20, 2011 at 3:44 pm #

        Wah…thanks udh dimasukin ke blogroll🙂 Salam sukses yah.

  8. kang ian dot com January 31, 2011 at 7:37 am #

    wkwkw amiin anggep aja patung.. kan ntar kalao jadi artis atau penyanyi gitu harus tampil didepan panggung😀

    • jasmineamira January 31, 2011 at 7:29 pm #

      @kang ian: hehehe iyaa bener jg yah, kang. anggep aja lagi tampil jd artis :p

  9. Alam January 31, 2011 at 12:44 pm #

    cara saya agar lancar dalam presentasi adalah anggap remeh orang lain, anggap aja mereka bodoh semua:mrgreen:
    kalau seminar penelitian, itu gampang lagi, sama kayak tips diatas, wong yang tahu penelitian ya kita sendiri kok orang lain yang ribut, gitu..

    • jasmineamira January 31, 2011 at 7:30 pm #

      @alam: yuuuupp..bener bgt deh. penelitian kita sendiri kok, orang lain jg ga tau hasilnya gmn, kalo kita salah ngasih tau jg kan ga ada yg tau yah? hehehhe😀

  10. ~bangjay February 1, 2011 at 9:21 am #

    biar bisa ‘cerita depan orang …
    anggap aja orang2 … anak TK semuaa,
    pasti ‘pede dehhh …😛

    • jasmineamira February 1, 2011 at 5:24 pm #

      @bang jay: iyaaa..hahhaha mari kita menganggap orang2 itu seperti anak kecil :p

Leave a Reply

