siapa hendak turut?

26 Jan

kemarin (25 Januari 2011) saya dan 7 orang teman kembali mengadakan one-day trip. tujuan kami kali ini adalah …………. DUFAN !!! *jingkrakjingkrak seneng*

terakhir ke Dufan tuh waktu karyawisata kelas 2 (atau 3 yah?) SMA. udah lama bgt deh. Alhamdulillah, sekarang berkesempatan kembali untuk datang mengunjungi Dufan🙂

perjalanan pergi dan pulang ke dan dari Dufan menggunakan transportasi umum. soalnya kami kan orangnya down to earth, makanya seneng bgt naek2 transportasi umum kalo pergi, sebenernya sih gara2  ga ada yg punya mobil dan bisa nyetir. berangkat naek kereta ekonomi AC Bogor-Kota, dilanjut dengan naik Transjakarta, transit di Harmoni, naek lg Transjakarta ke Pulo Gadung, transit di Senen, terus naek Transjakarta ke Ancol. berenti di depan gerbang Ancol. nyampe deh di Ancol😀

saya blm mau cerita ttg Dufan-nya, tp mau cerita dulu tentang perjalanan pulang saya dan teman2.

singkat cerita, kami keluar dari Dufan jam 6 sore, waktu Dufan tutup. setelah puas foto-foto di sekitar Dufan (tetep yah narsis), kami pun akhirnya menuju Stasiun Kota. nggak pake Transjakarta lagi, tapi naek angkot 15A ke arah Stasiun Kota. untuk naek angkot tersebut, ternyata harus jalan lebih jauh lagi dari gerbang Dufan. sampe ke jalan raya gitu (saya mah ga tau jalan, cm ngikut temen2 aja. ehhehe :D) kami pun naek angkot 15A itu, dan 15-20 menit kemudian nyampe di Stasiun Kota.

cerita mulai dari sini. ngliat jadwal kereta, ternyata kereta eko AC jurusan Bogor udah berangkat duluan, baru ada lagi jam 8 malam (saat itu masih jam 6.20 malem). karena pada ga mau nunggu sampe malem, akhirnya kami beli tiket kereta ekonomi biasa yg berangkat jam 7.09 malem. karena kami kira kereta itu datengnya bentar lagi, langsung masuk lah ke stasiun, nunggu di peron 11 dan 12 (bukan peron 9 3/4). disitu udah banyak bgt calon penumpang, sampe bingung ngeliatnya. tapi kemudian ada pengumuman dari speaker kalo kereta ekonomi jurusan Bogor masih ada di Tebet, masih rada jauh. dan akhirnya temen2 mutusin untuk makan dulu, keluarlah kami nyari tempat makan (yg ada di luar stasiun). saya ga ikut makan, cuma sempet nyemil2 makanan yg ada, soalnya saya kalo makan lama bgt, ntr bisa ketinggalan kereta.

sekembalinya ke stasiun, di peron 12 udah ada kereta. masyaallah, penuhnya ga nahan. orang2 sampe ada yg naek ke atap (padahal kan ga boleh yah). di dalem kereta udah empet2an kayak ikan asin lagi dijemur. kami yg ngeliat dari luar udah pada lemes, harus naek kereta ini kah? saya pun nanya ke pak satpam, katanya itu emg kereta ekonomi ke Bogor. kereta ekonomi 1 lagi masih ada di Stasiun Cilebut (which is masih jaaaaauuuhhh bangeeeeeett), kereta ekonomi AC masih ada di Citayam (jauh juga). zzzzzzzz. kereta Pakuan Express baru aja berangkat -.-‘ Yaa Allah, akhirnya dgn segala tekad, kami naek kereta ekonomi itu. di dalem masih bisa masuk, meski penuhnya ga nahan. tp seenggaknya masih bsa nyempil2, dan masih ada ruang untuk gerak.

kereta pun berjalan. terus berenti di sebuah stasiun. mulai dari situ keadaan tambah hectic. orang2 dari stasiun itu maksain untuk masuk, padahal di gerbong yg saya naekin itu udah penuh bgt. dorong2an pun terjadi, saya sampe kejepit diantara orang2 yg badannya lebih gede😥 keadaan seperti itu terus berlanjut setiap memasuki stasiun baru. orang2 dari luar pada berusaha masuk, padahal nggak ada yg keluar. bisa dibayangin, gerbong yg udah penuh, ditambah dgn orang2 lagi. udah kayak botol air penuh yg dipaksain ditambah air, ya bakalan tumpahlah. apalagi pas masuk Stasiun Manggarai dan Tebet. masyaallah, badan saya sampe kegencet2. hal yg terburuk adalah, persediaan oksigen makin meinipis! banyak orang, dgn semua hawa panas yg dikeluarkannya, ga ada ventilasi udara yg baik, jadilah udara di dalem gerbong panas dan mengandung sedikit oksigen. udah mau pingsan saking ga ada udara segar. kaki saya udah ga napak di lantai, keangkat sm orang2 di belakang saya yg penuh banget banget banget. temen2 saya sampe teriak2 gara2 ada yg ngedorong dia, dan dia jd kejepit. hectic bgt deh. padahal perjalanan ke Bogor memakan waktu sekitar 2 jam. jadilah kami kayak pindang dalam steam. baju udah pada basah. badan kegencet2 ga bisa gerak. perfect!

keadaan seperti itu terus belanjut sampe Citayam. di stasiun itu keadaan gerbong udah sedikit lega (artinya saya udah berdiri tegak lagi, udah bisa gerak2 dan nengok kanan-kiri, meski jarak dengan orang terdekat  kurang dari sejengkal). nyampe Bojonggede, gerbong lebih lowong lagi, ternyata hampir setengahnya pada turun di Bojonggede (saya udah bisa ngobrol sm temen2, bahkan udah dapet tempat duduk). di Cilebut, semua temen saya udah pada duduk (gerbong udah kosong, hampir ga ada lg yg berdiri). ngeliat muka temen2 saya, pada stres semua. baju2 mereka jg udah pada basah. dan Alhamdulillah berkesempatan untuk menghirup udara dari luar.

tepar banget. baru kali ini saya naek kereta ekonomi yg keadaannya seperti itu. bener2 bikin pusing dan mual, sampe sekarang masih kebayang penuhnya gmn, ga bisa nafas.

dan untuk semua orang yg PP setiap hari Bogor-Jakarta, apalagi naek kereta ekonomi biasa, saya cm bisa bilang, salut! setiap hari mereka berjuang kayak gitu di kereta. ckckckck. saya ga bisa ngebayangin deh kalo ternyata suatu saat saya berada di posisi mereka. setiap hari naek kereta yg keadaannya kayak gitu -.-‘

P.S.: pengennya sih hari ini bisa istirahat di rumah. mengingat badan saya pegel2, ditambah keleyengan. tp ga bisa. hari ini harus ketemu sm dosen pembimbing skripsi untuk ngomongin tentang proposal penelitian. demi lulus taun ini, saya harus dateng menemui beliau! semangaaaaattt, puuuutt!!😀 *curhat*

10 Responses to “siapa hendak turut?”

  1. bundamahes January 26, 2011 at 12:12 pm #

    ke dufan cuma berhasil naek kora-kora karena si ayah langsung teler setelahnya

    -waktu itu blom ada mahes-

    • jasmineamira January 27, 2011 at 7:34 am #

      @bunda mahes: ahahhahaha kora-kora jg cukup bikin jiper kok😀

  2. ndaroini January 26, 2011 at 4:20 pm #

    kalau kayak gitu ndak mau turut dah…..🙂

    pas pada pulangan kerja sie naik eretanya

    • jasmineamira January 27, 2011 at 7:43 am #

      @ndaroini: tapi asik loh naek kereta, saya paling suka naek kereta😀 asal jgn naek yg ekonomi lg di waktu2 pulang kerja -.-‘

  3. Richie Lanover January 27, 2011 at 4:10 pm #

    aku mau turut aaah..🙂 boleh ya??? hihi

    • jasmineamira January 28, 2011 at 7:59 am #

      @richie: boleh2..resiko tanggung sendiri..hahahah😀

  4. kang ian dot com January 31, 2011 at 7:35 am #

    wakak baru ngerasain y neng? xixi..
    kalao saya dulu tiap hari .. ringsek deh badaan..

    • jasmineamira January 31, 2011 at 7:29 pm #

      @kang ian: iyaaa, hiks😥 sedih deh kegencet2😦
      tp gpp, jd pengalaman tersendiri, buat cerita anak-cucu nanti..hahahah

  5. Hi April 17, 2011 at 7:58 pm #

    Ko byk amat naek transnya. Kan ktnya naek kereta trn d manggarai trus naek transjakarja trn d ancol

    • jasmineamira April 18, 2011 at 11:55 am #

      @hi: hhehehe gtw, aku mah ngikutin aja yg tau rute😀

Leave a Reply

