Aufa dan ikan kecilnya

14 Nov

seperti biasa, tiap minggu saya ada tugas mata kuliah Pengukuran Perkembangan Anak (PPA). dilihat dari namanya, mata kuliah ini tentu saja mempelajari tentang bagaimana cara mengukur perkembangan anak. perkembangan anak dapat diukur dengan berbagai cara, salah satunya dengan instrumen dari Depdiknas (2004). instrumen inilah yg sudah dengan sangat setia menemani saya dalam mengukur responden saya kali ini, Aufa, umurnya 2 tahun 7 bulan. saya udah mengukur Aufa 3 kali. pertama untuk pengukuran motorik halus, kedua untuk perkembangan bahasa, dan tadi untuk perkembangan kognitif Aufa.

pagi2 saya pergi ke rumah Aufa. saya memang biasa pagi2 dateng ke rumahnya, supaya moodnya masih bagus. dateng2, saya langsung disambut oleh Aufa. dia baru mandi, masih pake handuk, dan memegang sesuatu. saya kira dia megang maenan, ternyata dia megang IKAN. IKAN HIDUP YG MASIH MENGAP2. saya sempet kaget. terus kata ibunya, “Aufa, tuh salim sama Mbak Putri. aduh, maaf yah, Mbak. Aufa pgn mandi sm ikan” saya cm bisa senyum2 aja.

akhirnya, setelah Aufa pake baju dan si ikan itu disimpen di ember depan rumah, saya bisa sedikit mengukur perkembangan Aufa. tp ada noise, dari kakaknya. namanya Syifa. biasanya, saya dan Dini (teman saya) dateng berdua ke sana. saya ngukur Aufa, Dini ngukur Syifa. jd kami bareng2 ngukurnya. tp karena td Dini ada acara, jd saya sendirian ngukurnya. Syifa terus2 ikutan ngambil beberapa alat permainan yg saya rancang untuk Aufa. suasana udah nggak terkendali lagi. Aufa cm bisa saya ukur untuk beberapa indikator. untung indikator yg saya ukur cuma ada 6, jd nggak terlalu banyak. tp tetep aja, dengan Aufa yg entah kenapa jd nggak mood (atau karena dia belum ngerti kali yah) jd saya emg beneran cm ngajakin maen aja. mana td mama sm papa nya Aufa lg pada sibuk ngurusin rumah, jd saya jd baby sitter mereka -.-‘

giliran Syifa untuk mandi pun tiba. Syifa pengen bawa ikan buat mandi jg. Aufa bereaksi, dia ikut2an ngambil ikan. tp bisa dicegah. yg ga bisa dicegah, waktu Syifa selese mandi, dan sang ikan masih ada di ember dalem kamar mandi. Aufa narik2 tangan saya supaya ngambil ikan di dalem ember. saya sebenernya rada geli sm ikan. kulitnya kan licin2 gmn gitu. tp demi Aufa, saya pun ngambil ikan itu. dengan penuh perjuangan *lebay*

 

diobok2 aernya diobok2

diobok2 aernya diobok2

 

cerita belum selese. terus saya bawa ikan itu ke ember yg ada di depan rumah, dgn Aufa masih menggenggam tangan saya yg satu lagi. ternyata di ember ada 3 ikan lainnya. total ada 4 ikan di ember itu. akhirnya Aufa maen2 sm ikan2 di ember. diobok2 aernya diobok2. terus secara bergantian, Aufa ngambilin ikan itu. dipencet2 matanya. trs sambil nanya “ini apa”. saya dgn sabar (tsaaaaaahhh) menjawab semua pertanyaan Aufa.

 

Aufa dan ikannya

Aufa dan ikannya

 

lucuuuu banget ngeliat tingkah laku anak2 yg emg ga terduga. dan pengukuran saya pun harus berakhir saat itu. soalnya Aufa udah nggak fokus lagi. percuma kalo saya ngelanjutin pengukurannya. hasilnya pun emg ga terlalu bagus. mungkin karena Aufa blm terlalu ngerti jg sih tentang konsepnya. misalnya ada pertanyaan tentang jenis kelamin. sambil bermain dgn ikan itu, saya ngajak ngobrol. pas nyampe di pertanyaan jenis kelamin, Aufa diem aja. tp pas ditanyain ttg hal laen, Aufa ngejawab dgn semangat (meski dgn perkataan yg nggak saya ngerti). jd saya ngambil kesimpulan, Aufa belum ngerti ttg konsep jenis kelamin. pas saya cross check ke ibu nya pun, beliau ngomong kalo Aufa emg belum ngerti ttg konsep itu. ya udah lah, ga apa2. meski pengukurannya nggak terlalu berhasil, tp saya seneng tiap minggu bisa maen2 sm anak kecil. dan saya harus bekerja sama dgn Aufa untuk 1 kali pertemuan lagi. doakan saya yah, teman2! *lebay lagi*

12 Responses to “Aufa dan ikan kecilnya”

  1. bundamahes November 15, 2010 at 9:40 am #

    emang susah-susah gampang ngobrol dengan anak umur segitu! apalagi saat itu mereka sedang menjalani fase egosentris, jadinya yaaaaa… cuma bisa memantau dari jauh aja!🙂

    • jasmineamira November 15, 2010 at 6:51 pm #

      @bunda mahes: yoooooii..harus banyak2 bersabar deh..hehehe
      tp seruuuu, bun..jd lebih tau gmn rasanya punya anak gmn:mrgreen:

  2. deady November 15, 2010 at 2:49 pm #

    semangat!
    kamu pasti bisa!
    ehehehehe

    • jasmineamira November 15, 2010 at 7:10 pm #

      @deady: hehehehehe..makasih, mas🙂
      makasih udah berkunjung🙂

  3. kangmas ian November 15, 2010 at 8:47 pm #

    klao jadi bungsu gini nih ngukurnya anak orang lain hahaha g daa yang kecil y di rumah😀
    emang jurusan apa teh putri? ^^

    • jasmineamira November 16, 2010 at 1:18 pm #

      @kang ian: hehehe iyaa nih
      jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen, kang. coba deh baca postingan saya yg judulnya “Sekilas tentang Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen” disitu saya ngejelasin banyak🙂 *maap saya ga bisa nge-link. ga tau caranya gmn..hahahahaha😀

      • kangmas ian November 16, 2010 at 1:59 pm #

        ouuh baru tahu saya ada jurusan kaya gitu di IPB😀 mantap dah pantesan pengen cepet2 praktekin hahaha :

      • jasmineamira November 16, 2010 at 2:03 pm #

        @kang ian: iyaaaaaaaa udah pgn cepet2 praktek aja. bosen dapet teorinya muluu..hahahahahaha😆

      • kangmas ian November 16, 2010 at 2:47 pm #

        sok atuuh mangga geura dienggalkeun..istri mah naon deui hehehe😀

      • jasmineamira November 16, 2010 at 2:52 pm #

        @kang ian: mun geus aya calonna mah hayu atulah. ieu mah calonna pan teu acan kapanggih -.-‘

      • kangmas ian November 17, 2010 at 2:13 pm #

        wkwkwk karunya teuing..jadi bade dilepaskeun bae nu nuju ka luar ngeri teh? wkwkw

      • jasmineamira November 17, 2010 at 5:53 pm #

        @kang ian: abdi mah pikarunyaeun nya -.-‘
        ngalepaskeun nu di luar negeri? hmmmm kumaha atuh nya? hese euy. abdi nu teu tiasa ngalepaskeun.
        lamun, rek dicobian heula. mudah2an tiasa ngalepaskeun. karunya si doi-na..hehehehe😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: