pernikahan (part 2)

14 Sep

…sambungan…

yuuupp..pernikahan nggak selalu indah..konflik selalu ada dlm setiap perjalanan hidup. bahkan kalo menurut dosen saya, tahap pertama menikah itu lebih sulit dan banyak rintangannya.

gmn nggak, pertama nikah pasti kita harus menyatukan kedua perbedaan yg ada. pepatah bilang, pernikahan itu nggak hanya menyatukan 2 individu, tp jg 2 keluarga. kalo mau nikah, berarti kita menikahi keluarganya jg. antara keluarga 1 dengan keluarga yg laen pasti beda. misalnya, keluarga sang istri sangat menjunjung tinggi adat yg ada, sedangkan keluarga suami lebih bebas dan demokratis. nah, gmn tuh caranya nyatuin antara 2 individu yg diasuh dengan gaya yg berbeda?

pertama, pastinya antara suami-istri udah ada komitmen dari awal, kalo bisa bikin perjanjian pra nikah. mungkin terlalu gmn gituu. tp itu baik jg loh untuk dilakukan.

kedua, komunikasi. penting banget itu. semua manusia nggak bisa lepas berkomunikasi. 70% kegiatan kita dalam sehari adalah untuk berkomunikasi (bener ga yah? lupa euy..pdhl waktu itu udah belajar..hehehee). sebelum nikah, kalo bisa sih ngomong dulu sejujurnya, tentang tradisi di keluarga. keluarga saya sukanya ini loh, nggak suka kalo gini. pokoknya gitu deh. jd suami nggak ngerasa beli kucing dlm karung. kita jg ga mau kan nutup2in, karena suatu saat pasti bakalan terbongkar jg.

ketiga, saling menghormati. setiap keluarga pasti berbeda2. ada baiknya untuk saling menghormati. nggak usah ngomong sesuatu yg misalnya bakalan ngebuat keluarga itu jd ga enak. hindari hal2 yg memicu perselisihan. nggak mau jg kan kalo mau nikah, tiba2 ada perselisihan tentang hal yg sepele? nah, makanya dari awal emg harus udah di komunikasiin, biar semuanya berjalan sesuai rencana. dan ga ada yg ngerasa dirugiin.

yaa udah deh..ngomong2 tentang pernikahannya udah dulu. saya blm nikah soalnya, ntr disangka sok menggurui yg udah nikah :p

hehehehe

7 Responses to “pernikahan (part 2)”

  1. orange float September 20, 2010 at 3:14 pm #

    setuju sekali bahwa menikah itu ngak hanya menikahkan 2 individu tapi 2 keluarga.

    saya jg belum nikah kok mbak🙂

  2. Asop October 11, 2010 at 9:16 pm #

    Ketahuan yang udah siap nikah nih….:mrgreen:

    Amin! Moga segera ya…🙂

  3. vittayuni June 7, 2011 at 11:24 am #

    sebagai yang sudah nikah, I would say, betul sekali…
    walau sudah banyak teori tentang pernikahan, teteeeppp prakteknya jauh lebih berat

  4. Puteriamirillis June 15, 2011 at 9:53 pm #

    jadi kapan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: