makna keluarga bagi saya

29 Jun

“Harta yang paling berharga, adalah keluarga
Istana yang paling indah, adalah keluarga” (soundtrack Keluarga Cemara)

Masih inget dengan film Keluarga Cemara? Film keluarga yang menurut saya bagus. Nggak terlalu banyak intrik seperti sinetron sekarang -.-‘ Tapi saya bukan mau ngomongin tentang film ini, saya ingin membicarakan tentang KELUARGA.

Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat, biasanya terdiri dari ayah, ibu, dan anak yang terbentuk oleh ikatan pernikahan, darah, dan/atau adopsi.

Itu adalah pengertian keluarga yang udah saya hafal dari awal masuk ke departemen. Sebagai mahasiswa ilmu keluarga, tentu saya belajar (sedikit) tentang teori keluarga. Inget loh, saya belajar tentang teorinya, prakteknya saya belum ngalamin *nikah aja belum, gimana mau praktekin? hehehe* Eh iya, saya juga bukan mau ngomongin tentang isi kuliah saya kok.  Saya hanya ingin sekedar berbicara tentang keluarga.

Keluarga bagi saya adalah titipan yang paling berharga *kayak lagunya Keluarga Cemara* kenapa? Karena saya dititipkan di dalam keluarga ini. Allah udah nitipin saya di keluarga yang sekarang saya berada, udah dirawat dari masih berada di kandungan sampai sekarang saya mencapai usia dewasa muda, usia seharusnya saya udah mulai mandiri dan terlepas dari orang tua.

Keluarga bagi saya adalah tempat untuk melepas lelah. Seharian beraktivitas di luar rumah pasti membuat penat, sesampainya di rumah rasanya tuh tenang banget. Apalagi kalau ada anak kecil di dalam rumah, rasanya malah tambah semangat, capeknya ilang *bagi yang udah punya keluarga dan punya anak pasti ngerasain kayak gitu, iya ga sih? hehehe. Keluarga bagi saya adalah segalanya, meski nggak muna juga sih, kadang-kadang suka ngerasa kesel (jangan dicontoh) tapi ga akan pernah bertahan lama. Karena saya tau orang tua pasti bakal lebih ngerasa sering kesel ke anaknya :mrgreen: ga boleh juga kan kesel sama orang tua, ngucapin kata “ahh” ke orang tua aja ga boleh (liat Q.S: Al-Israa’ 23-24).

Keluarga adalah sekolah pertama untuk anak-anaknya. Kalau ajaran dari dalam keluarganya udah bener, insyaallah si anak bakalan tahan menghadapi godaan yang berada di masyarakat *tsaaahh* meski ada seorang responden yang saya wawancara bilang kalau pendidikan di keluarga itu nggak penting, yang penting adalah pendidikan di luar keluarga. Saya sih cuma senyum-senyum aja, ngedengerin pendapat beliau. Mau nyanggah juga ga enak, ntr saya dimarahin lagi. hehehehe

Intinya, keluarga bagi saya adalah titipan yang sangat berharga, ga boleh disia-siain gitu aja, karena waktu terus berjalan. Jangan sampai nyesel. Jangan sampai menyadari sesuatu yang berharga setelah dia pergi.

Rabbi, kasihilah kedua orang tuaku, sebagaimana mereka telah menyayangiku sedari kecil. Ampunilah dosa-dosa kedua orangtuaku. Berikanlah umur yang berkah untuk keduanya. Pertemukanlah kami kembali di jannah-MU nanti. aamiin

SELAMAT HARI KELUARGA NASIONAL :)

27 Responses to “makna keluarga bagi saya”

  1. Masbro June 29, 2011 at 10:11 am #

    Keluarga adalah alasan yang indah untuk sebuah kata yang disepakati bernama ‘pulang’

    Wew, ketemu lirik lagu itu lagi. Itu salah satu lagu kesukaan saya, hehe…

    • jasmineamira June 30, 2011 at 7:16 am #

      suka banget sama kalimat pertamanya, mas. kereeeeenn :D

  2. lidya June 29, 2011 at 10:18 am #

    Selamat hari keluarga.
    jadiingat keluarga cemara ya, kk skr ga ada film seperti itu lagi ya

    • jasmineamira June 30, 2011 at 7:16 am #

      iya, mbak. sekarang mah ga ada film kayak gitu lagi -.-‘

  3. PeGe June 29, 2011 at 10:55 am #

    Aamiin ya Robbal Alamiin :D
    saiia baru tau ada hari keluarga setelah iklannya Shireen-Teuku itu.. haha banyak banget sih hari nasional di Indonesia ini ckck… :neutral:

    • jasmineamira June 30, 2011 at 7:17 am #

      ihh padahal Shireen-Teuku kan belum nikah, masa jadi bintang iklan BKKBN sih? ckckck contoh yang buruk :|

  4. giewahyudi June 29, 2011 at 12:37 pm #

    Rasanya lebih baik hidup sederhana asal keluarga kumpul dan bahagia daripada bergelimang harta namun keluarga jauh-jauhan.

  5. 3snainc June 29, 2011 at 2:16 pm #

    keluarga tempat untuk menaruh segala rasa, warna, keindahan dan keburukan… pokoknya nano-nano deh…
    berbahagialah selalu untuk yang memiliki keluarga, apalagi keluarga yang sakinah :)

  6. tunsa June 29, 2011 at 2:47 pm #

    ohh..hari kluarga toh..
    saya blm berkeluarga :D

  7. adizone23 June 29, 2011 at 4:45 pm #

    jadi kangen kumpul ama keluarga….

    keluarga adalah segalanya tempat bercerita, berkumpul, tertawa….

  8. menone June 29, 2011 at 9:41 pm #

    waaahhhh inget bgt sobat, tuch film yg selalu saya tonton dmn setiap cerita sll memberikan kita pelajaran yg berharga, sebuah kesederhanaan namun penuh dengan kebahagiaan

    Salam persahabatan selalu dr MENONE

    • jasmineamira June 30, 2011 at 7:19 am #

      iyaaa, banyak pelajaran yang bisa dipetik dari film Keluarga Cemara :D

  9. itacasillas June 29, 2011 at 10:06 pm #

    Selamat Hari Keluarga Putri ;)
    bener2 mengamalkan IKK nich..you’re rock girl :D

    • jasmineamira June 30, 2011 at 7:20 am #

      eh ada kak ita, jadi malu ihh :oops: hihihihii

  10. arman June 30, 2011 at 5:14 am #

    yup betul sekali.. family is everything ya..

  11. Necky July 6, 2011 at 10:02 pm #

    Memang yang paling membuat orang itu pikirannya lurus dan tidak macam2 adalah satu kata itu “keluarga”……. tidak akan ada penyelewengan, korupsi, dll apabila mereka ingin membawa sebuah keberkahan buat keluarganya

  12. depz July 19, 2011 at 4:33 pm #

    amin u/ doa nya…

    stuju, keluarga adalah harta terbesar :)

  13. Blogger Bahagia July 29, 2011 at 4:47 am #

    siapa bilang keluarga itu tempat melepas lelah. Sepulang kantor saya malah harus “bekerja” lagi, kadang mandiin anak, becanda sama anak dll. Capek tauuuu…. hehehe

    tapi tetap saja hidup ini lebih tenang karena ada keluarga. Walaupun Capek fisik, tapi batin tenang :)

  14. edratna December 20, 2011 at 2:14 pm #

    Kesini setelah baca blognya om NH…

    Keluarga memang penting artinya…di saat suka dan duka, kita akan selalu ingat akan keluarga. Keluarga adalah tempat kita pertama kali belajar….tanpa keluarga yang mendukung dan lingkungan yang membahagiakan, akan sulit membuat seseorang untuk memahami arti bahagia dan membahagiakan orang lain.

  15. Puteriamirillis December 20, 2011 at 4:43 pm #

    bener banget ini postingan yang manis.semanis putri.kangen deh..gmn kabar dirimu say?masihkah berkutat dg skripsi itu?

  16. Nur Linche Hutabarat SPd June 17, 2014 at 10:43 am #

    Keluarga wadah atau ikatan ayah, ibu dan anak yang merupakan rahasia kekayaan dari Tuhan. Keluarga adalah sorga dunia yang tak terukur kekayaan, kehormatan kebahagiaan pertama..kita berjuang demi keluarga. Jangan sia-siakan keluarga dengan kebohongan, kemunafikan, sandiwara dan kenaifan…demi kepentingan yang tak jelas, sebab publik dan Tuhan pasti tau ..

Trackbacks/Pingbacks

  1. NINE FROM … « The Ordinary Trainer writes … - December 19, 2011

    [...] Husfani A. Putri : MAKNA KELUARGA BAGI SAYA Si Jasmineamira ini pernah menjadi penulis tamu di blog saya.  Saat ini dia sedang sibuk [...]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 118 other followers

%d bloggers like this: