hati-hati kekurangan kalium

28 Mar

Kalium itu apa sih, Put? *asumsikan pada belum ngerti tentang kalium. Saya sok sok an mau jadi ahli gizi :D

Eheeemm. Jadi gini. Kalium atau potassium adalah salah satu elektrolit dalam tubuh. Fungsi kalium salah satunya adalah untuk mengatur keseimbangan muatan elektrolit cairan tubuh. *abis itu nyerah, saya ga ngerti tentang kalium-kalium an. Untuk lebih jelasnya, klik link yang ini dan ini, di situ penjelasannya lebih oke dari saya. *saya juga dapet pengertian kalium dari web tersebut di atas :mrgreen:

Kenapa tiba-tiba kamu tertarik untuk membicarakan kalium?

Gini. Waktu itu saya pernah ngasih tau kan kalo kakak saya sakit? Nah, gara-gara itu saya pengen ngepost tentang kalium ini. Pertama kali kakak saya sakit, bukan karena kekurangan kalium. Tapi karena sakit maag. Hubungannya apa? Karena kakak saya muntah-muntah terus selama kurang lebih 3 hari, akhirnya kakak saya dirawat di rumah sakit. Kondisinya udah cukup memprihatinkan. Bobot tubuhnya turun (dari tadinya 47 kg jadi 42 kg. Ya saya tau, kami adalah keluarga dengan bobot tubuh yang kecil, dan kakak saya yang ini paling berisi dibanding saya dan kakak saya yang 1 lagi), bawah matanya jadi item, lemes. Saat itu kami belum tau kalo kakak saya itu kekurangan kalium. Vonisnya masih sakit maag -.-‘

Oke, selanjutnya kakak saya itu akan disebut sebagai Mbak Unga.

Hari Minggu (saya lupa tanggal berapa. hahaha yg pasti di awal bulan Maret ini) saya kebetulan bertugas untuk ngejaga Mbak Unga di rumah sakit (suaminya kerja pagi, jadi ga bisa nginep kalo hari biasa, kecuali hari libur aja). Saya nginep nemenin dia. Malamnya tuh masih biasa aja, Mbak Unga masih bisa ke kamar mandi tanpa bantuan. Pokoknya masih bisa jalan. Jam 3 dini hari, saya dibangunin Mbak Unga, soalnya infusan dia udah abis. Jadi saya manggilin suster yang malam itu berjaga. Terus saya tidur lagi :lol: bangun-bangun subuh jam 5. Saya segera solat subuh, Mbak Unga ternyata udah bangun, dia minta saya untuk membantu dia turun dari tempat tidur. Tapi nggak bisa. Udah berkali-kali nyoba turun, masih belum bisa. Mbak Unga ngerasa kakinya lemes, ga bisa digerakkan. Akhirnya bisa juga turun, tapi dengan lutut yang bergetar. Kayak orang stroke. Habis dari kamar mandi, Mbak Unga semakin lemes. Kebetulan, suster jaga masuk ke kamar untuk ngasih obat, terus Mbak Unga bilang kalo dia lemes, ga bisa jalan. Setelah dilihat tanda-tandanya (terus ga tau diliat apa lagi) suster memvonis kalo Mbak Unga kekurangan kalium. Saya mah kan ga ngerti apa itu, jadi cuma manggut-manggut aja. Saya pun menyuruh Mbak Unga untuk makan pisang yang kemarin saya bawa (nah kalo ini saya tau, pisang merupakan salah satu sumber kalium).

Pagi itu saya pulang ke rumah, soalnya mau ke kampus. Dan mama yang nungguin Mbak Unga di rumah sakit.

Sepulang dari kampus, saya dikasih tau kalo Mbak Unga semakin lemes, ga bisa jalan. Gerakin badan aja susah. Kakak saya yang 1 lagi (Mbak Agi) nyari-nyari info tentang kalium di internet. Saya sms temen saya (Dilla) yang kebetulan baru lulus jadi sarjana kedokteran. Katanya kalo kekurangan kalium emg bakalan jadi lemes. Terus saya nanya “penyebab kekurangan kalium apa? Kalo muntah-muntah itu bisa nyebabin kalium jadi kurang ga?” Dilla jawab: “bisa jadi, soalnya kalo muntah, zat yang keluar itu Kalium, Natrium, dan bla bla (saya lupa 1 zat lagi :mrgreen:)”

Besoknya, setelah di cek, ternyata kalium Mbak Unga cuma 1,7 mg! Padahal batas normal kalium adalah 3,5-5 mg. Jauh banget kan? Di tahap itu, Mbak Unga sama sekali ga bisa bergerak, lemes, kayak mati rasa gitu, mungkin kayak gejala stroke ringan yah. Mbak Agi kembali nyari gmn caranya untuk naekin kadar kalium. Ternyata makanan sumber kalium diantaranya adalah pisang dan air kelapa. Akhirnya setiap hari, Mbak Unga dijejelin air kelapa dan pisang (sama jeruk juga). Dan berangsur-angsur kadar kaliumnya semakin bertambah. Alhamdulillah.

Selama lebih dari seminggu dirawat di rumah sakit, akhirnya kadar kaliumnya Mbak Unga udah mencapai batas normal. Hampir mirip cerita yang ini ibunya “ngidam” pangsit kuah jam 6 pagi, Mbak Unga ngidam mie ayam yang ada di Jalan Sudirman Bogor (tempat favorit kita) jam 11 malam. Untung waktu itu yang lagi jaga suaminya, jadi yang repot yah suaminya. hahahaha :D

Bobot tubuh Mbak Unga pun kemudian naik jadi bobot tubuh idealnya (47 kg) hanya dalam waktu 5 hari (maaaauuu)

Kesimpulannya:

1. Jangan sepelekan kalium. Meski kita cuma butuh sedikit, tapi ternyata kalo kekurang kalium bahaya juga. Tapi jangan kelebihan juga, saya ga tau sih gimana efek kalo kelebihan kalium. Mungkin lebih serem kali yah :(

2. Seimbangkan pola makan. 3 B, yaitu Beragam, Bergizi, dan Berimbang. Makanan kita harus beragam, ada karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, elektrolit. Harus berimbang juga, sesuaikan dengan tingkat kecukupan gizi yang harus kita makan (saya udah eneg selalu ngitung-ngitung tingkat kecukupan gizi). Dan tentu saja, bergizi. Makanan ringan nggak bergizi loh. Apalagi junk food, batasi konsumsi kita.

PIRAM

*sumber gambar: klik aja di gambarnya :)

*Alhamdulilah. Akhirnya Ilmu Gizi yang saya pelajari (minor saya di kuliah) bisa bagikan ke narablog semua :) semoga bermanfaat yah :D

About these ads

55 Responses to “hati-hati kekurangan kalium”

  1. masyhury March 28, 2011 at 7:32 pm #

    Waduh, bisa-bisa saya kena penyakit kekurangan kalium ini..
    habis makanan anak kost yang apa adanya, hihi.. :D

    • jasmineamira March 30, 2011 at 7:57 pm #

      @masyhury: haduh, jangan gitu atuh. jangan sampe kena penyakit deh, makanya jaga asupan makanan dan selalu berpola hidup sehat :D

  2. ais ariani March 28, 2011 at 7:33 pm #

    sebentar.. sebentaaar… 47kg ?? dan paling berisssiii??
    *tepok jidat*
    gak kebayang kamu kek gemana put :P

    • jasmineamira March 30, 2011 at 7:57 pm #

      @mbak ais: maka dari itu aku pengen ngegemukin badan :(

  3. bundamahes March 28, 2011 at 8:27 pm #

    47 kilo ya?!

    *kapan ya bisa segitu???

  4. marsudiyanto March 28, 2011 at 8:53 pm #

    Mau cek up dulu ah…
    Jangan2 saya kekurangan kalium juga :D
    Dah lama nggak ngemil kalium sich.

    • marsudiyanto March 28, 2011 at 8:54 pm #

      Kalau makan kalium saya sukanya pakai es biar seger.
      Makanya saya kelebihan kalsium

    • jasmineamira March 30, 2011 at 7:59 pm #

      @pak mars: kalium dicemilin? apanya yg pake es? hahaha -.-‘

  5. Asop March 28, 2011 at 10:19 pm #

    Alhamdulillah… makasih atas infonya, Put. :D

    Syukur deh, gue suka banget pisang. :mrgreen: Kira2 sejam sebelum olahraga, gue pasti makan pisang. :D
    Pisang, selain murah harganya dan mudah didapat, ternyata sumber energi juga. Semua video, situs internet, dan majalah fitness bilang, bahwa pisang baik dimakan sebelum olahraga. Dua pisang (yang agak besar) cukup untuk asupan energi selama 45 menit olahraga. :)

    *lha kok malah ngomongin pisang?*

    • jasmineamira March 30, 2011 at 8:01 pm #

      @asop: samasama. senang postingannya bermanfaat untuk orang banyak *lebay :D
      hahahah nggak apa2 kok ngomongin pisang juga. oooohh gitu toh, gw malah baru tau tuh. makasih infonya yah :D

  6. erywijaya March 28, 2011 at 11:21 pm #

    Wah inpo baru neh, menarik sekali, ternyata kalium itu penting ya, eh tapi penting mana sama kalsium? heheeh nama2nya mirip2 :p

    • jasmineamira March 30, 2011 at 8:02 pm #

      @mas ery: kalium dan kalsium sama2 penting, karena mereka kan beda tugas, jd pasti emg diperluin sm tubuh. asal konsumsi dengan seimbang, insyaallah manfaat kalium dan kalsium dapat dirasakan oleh tubuh :D

  7. arman March 29, 2011 at 12:10 am #

    bener tuh…
    kemaren ini ada mertua temen yang tiba2 meninggal, dan menurut dokter karena kekurangan potassium lho… serem juga ya…

    • jasmineamira March 30, 2011 at 8:02 pm #

      @mas arman: oh yah? sereeeemm banget :(
      untung kakakku ga kenapa

  8. apikecil March 29, 2011 at 5:05 am #

    info yang bermanfaat sekai mbak
    makasih banyakkk

    • jasmineamira March 30, 2011 at 8:03 pm #

      @apikecil: Alhamdulillah postingannya bisa bermanfaat. samasama, mbak :)

  9. ash March 29, 2011 at 10:13 am #

    oh.. gitu.

    kadang tanpa disadari kita emang suka g’peduli sama tubuh sendiri ya..
    makasih infonya :)

    ash @orange cakes

    • jasmineamira March 30, 2011 at 8:04 pm #

      @mbak ash: yaaaapp bener banget. padahal tubuh harus sangat sangat dipeduliin loh :D

  10. Bang Aswi March 29, 2011 at 3:14 pm #

    Tuh kan, selain olahraga juga dibutuhkan asupan yang seimbang. Kawan-kawan pesepeda suka membekal pisang daripada nasi dan begitupula membekali diri dengan coklat daripada makanan berat lainnya. Minumnya pun cukup air putih atau ari teh manis agar gula dalam darah cepat diserap. Hihihihihi, kayak ahli kesehatan ajah!

    • jasmineamira March 30, 2011 at 8:06 pm #

      @bang aswi: bener tuh, bang!
      bang aswi kayaknya lebih ahli :mrgreen: *saya ga ngerti tentang gizi olahraga. hahaha

  11. Goda-Gado March 30, 2011 at 12:36 pm #

    susah amat ya hidup di jaman sekarang ini.. ada kalium, kalsium, alumunium, huft…

    sy makan ya tinggal makan saja.
    asal 4 sehat tak susu tetap sempurna karena ada madu. :D

    • jasmineamira March 30, 2011 at 8:09 pm #

      @mas ahmed: ada besi, seng, vitamin. hahaha banyak :D
      ga usah diambil pusing ikut ngitung2 kecukupan gizi. asal makanan yang kita makan udah 3B, insyaallah kebutuhan gizi untuk sehari bisa terpenuhi :D
      madu juga bagus kok :D

      • Goda-Gado March 31, 2011 at 10:05 am #

        3 B apa itu?
        Banyak, Besar dan Bergizi ?

      • jasmineamira April 1, 2011 at 3:47 pm #

        @mas ahmed: Beragam, Bergizi, Berimbang -.-‘

  12. bundadontworry March 31, 2011 at 8:14 am #

    asupan seimbang dan olah raga , adalah kombinasi yg sangat baik ya Put :)
    terimakasih utk share nya Put :)
    salam

    • jasmineamira April 1, 2011 at 3:44 pm #

      @bunda lily: iyaaa, semuanya harus berimbang, ga boleh kurang, ga boleh lebih juga.
      samasama, bunda :D

  13. Susan Noerina March 31, 2011 at 8:16 am #

    Hehehe, emang dirimyu kuliahnya jurusan apa Say? Buakn Bogor-Rambuatn kan?? :-)

    Thanks sharingnya. Semoga keluarga dirimyu sehat selalu yah Say

    Mangap neh baru mampir dimari lagi. Secara Bu Bunting mo kalo ngenet kudu malem pas Kunti beraks, ato subuh2 buta waktu maling baru pulang dinas. Kalo siang ginih pasti ajah Zahia langsung ngambex ngeliat emaknya ngejogrok depan lappie *kaya sekarang tu bocah langsung protes “Bunda matiin doooonnnggg aptopnya. Zahia kan mau nonton Barney sama Bunda”.

    Yuks aaaahhh mareeee :-)

    • jasmineamira April 1, 2011 at 3:44 pm #

      @jeng soes: aku jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen, tapi ngambil minor gizi. hehehe
      iyaaa gpp kok :D

  14. wulanmanjol March 31, 2011 at 11:06 am #

    huwaduuhh,,,segitu parahnya yah kalo kekurangan kaliumm… :o

    • jasmineamira April 1, 2011 at 3:48 pm #

      @mbak wulan: iyaaaaa. hati2 makanya sekarang

  15. ysalma March 31, 2011 at 4:33 pm #

    benar sekali,, kekurangan kalium sangat bermasalah..
    saya pernah posting tentang pisang yang banyak mengandung kalium, karena pilihan menu untuk sarapan sikecil

    http://ysalma.wordpress.com/2010/11/12/pisang-gunung-keju/

    • jasmineamira April 1, 2011 at 3:53 pm #

      @mbak salma: hehee iyaa, waktu itu aku perasaan pernah komen di post yg itu :mrgreen:

  16. winalesmana April 3, 2011 at 11:56 pm #

    air kelapa, pisang, jeruk… oke oke.. *nyatet* *kepengen gemuk* ehh..

  17. Prima April 5, 2011 at 9:35 am #

    Hhahaaha… nice info, aku taunya kalium itu buat merangsang pembentukan bunga dan buah, wuakakakaka… jadi kalo ada tanaman yang gak berbuah-buah atau berbunga, just simple, kasih aja potongan kulit pisang di medianya, ntar kalo kulitnya busuk, kalium masuk ke medianya… :D Tanaman dah kaya manusia ya.. :P We just need to open our eyes!

    • jasmineamira April 7, 2011 at 8:23 pm #

      @mas prima: nah loh, aku malah baru tau tuh, mas :D
      terima kasih atas ilmunya :)

  18. Evi Amdani June 23, 2011 at 1:51 pm #

    Thanks sharingnya..kebetulan gejalanya sama dengan apa yg saya alami sekarang.2 kali saya diopname karena maag dan kekurangan elektrolit kalium.tapi kalo saya sudah sampai pada kesemutan seluruh badan,lemas dan perasaan cemas.dan saran dokter diet tinggi kalium dengan perbanyak makan pisang.jadi kalo kemana-mana bawa buah pisang.kurma dan air kelapa juga bagus loh buat nambah kalium.

    • jasmineamira June 23, 2011 at 5:36 pm #

      waaaaaa sampe sekarang masih, mbak? iya harus banyak makan makanan yg mengandung kalium, air kelapa apalagi, mbak, perlu banget untuk nambah kalium. semoga cepet sembuh yah :)

  19. STELLA M. S. (@owlstella) August 6, 2011 at 2:24 pm #

    wah,kakakku juga lagi ngalamin hal yg sama nih. makasih banget ya mba info nya. mau banget itu 47 kg :D share di twitter ya :*

  20. STELLA M. S. (@owlstella) August 6, 2011 at 2:26 pm #

    mksh ya mba infonya. kebetulan kakak saya juga sedang mengalami hal yang sama. saya berharap bisa secepat mba unga ya sembuhnya. dan saya juga berharap bisa 47kg.hehehe

  21. denni saputra July 27, 2012 at 12:30 pm #

    Aslmkum.
    Saya jg mengalami penyakit itu, tp smpai skrg tdk bisa sembuh total.
    Masih ada jg sakit2nya.
    Apa obat Ɣªήğ bisa utk sembuh total???

    • yogi September 2, 2012 at 1:18 pm #

      kadang slu kambuh lagi penyakit itu..minum ASPAR-K bisa beli di apotik ko,,istri saya tiap tahun pasti kambuh,,kapok harus ke RS,,ngabisin biaya.bila mulai terasa,,,langsung minum obat itu n makan buah”an sperti pisang,,tomat,klapa ijo.2 hari sembuh normal,bisa gerak.2 kali ke RS,di kasih obat ASPAR-K,,qu simpan bungkus itu…beli sendiri dech di apotik

      • teguh March 31, 2014 at 12:00 pm #

        Saya juga kurang kalium, di cek tapi ga drop bgt (3,3) sudah diberi aspar K sebulan lebih, kadarnya naik, tapi klo ga minum drop lagi n lemes lagi :D seharian saya lemas dan sesak nafas, itu kurang kalium juga kah? Saya juga spasmofilia grade4 (kalo spasmo otot bisa dari kurang kalium dan kalsium)

      • Putri "jasmineamira" April 1, 2014 at 8:06 am #

        wah, maaf saya bukan dokter. hehe
        itu cuma berbagi pengalaman aja karena kakak saya yang sakit kalium

    • Putri "jasmineamira" September 7, 2012 at 10:22 am #

      bener kata mas yogi itu, saya ga tau apakah penyakit itu bisa sembuh total atau nggak. soalnya kakakku juga sampe sekarang masih suka kambuhan

  22. yogi September 2, 2012 at 1:14 pm #

    bila terkena penyakit kkurangan kalium,,sebenarnya ga perlu ke RS,,banyakin makan pisang ijo,klapa muda,,dan obat ASPAR-K (bisa beli di apotik) harga skitar 25rb/strip.di jamin perlahan” akan naik kadar kaliumnya.dapat ktauan kalau kadar kalium itu naik,,,tubuh bisa mulai gerak.
    smoga bermanfaat..

    • Putri "jasmineamira" September 7, 2012 at 10:23 am #

      iya, mas yogi. terima kasih yaa infonya, supaya yang membaca bisa tau juga :D

  23. irfan ady March 25, 2013 at 6:19 am #

    Semangat hidup kuatkan penderiSemangat hidup kuatkan penderiSemangat hidup kuatkan penderiSemangat hidup kuatkan penderita!
    Terimakasiih dapat tambah ilmu yg awalnya saya tak tahu

  24. rizal June 6, 2013 at 7:14 am #

    saya juga pernah sakit kekurangan kalium sampai” masuk ruangan intermedite / icu , kira” setahun yg lalu lah kejadiannya.
    ada solusinya ga biar sembuh total, soalnya saya ngalamin 3× droop / kambuh.
    mohon solusinya.

  25. Mira Mursyidah January 22, 2014 at 5:22 pm #

    Saya di vonis kurang kalium dari akhir 2011,,, sampe sekarang msh suka kambuh,pdhal udh 3x keluar masuk rs,d infus yg katanya ***** apa gitu,trus d kasih obat KSR,radang usus dll. Makan pisang plus kelapa ijo jg. Adanya info ini bermanfaat bgt buat saya. Mksih bgt buat infonya.

  26. boyke yanuar isa December 20, 2014 at 12:12 am #

    Aku barusan kenak lumpuh selama 2 hari dirawat di rumah, gara2 kekurangan kalium, awalnya 3 bln yg lalu ketika jongkok sukar berdiri, dlm keadaan spt ini saya msh beraktivitas spt biasa, berdiri saya paksa dg teknik duduk dikursi dahulu, kdg gejalanya hilang kdg datang, saya obati cuman dg istirahat yg cukup, 1 bln berlalu saya tanya dokter di puskesmas, katanya suruh minum natrium diklofenak dahulu kalo tdk sembuh cek lab, setelah diminum rasanya enak sebentar tp kemudian sakitnya bertambah, trus ke dokter puskesmas lg, dokter beda, suruh cek lab kolesterol hasil agak rendah tp mendekati normal, katanya krg kalium, kasih resep diminum langsung enak tp obat cuman 3 hari, puskesmas jauh jd gak ke sana dulu utk minta obat, tiba2 aku lumpuh 2 hari , tubuh tdk enak, mual, sering muntah2, di dlm tubuh spt panas kekurangan oksigen, susah bernafas, kalo ngomong suara tdk jelas, tdk bisa bersin, tdk bisa bab krn otot anus dan otot tubuh lemah mk tubuh hrs dimiring kiri, kanan, tangan dinaik turunkan berulang kali spy bisa bernafas, hal ini terjadi selama 54 jam sampai2 yg bantu gerakin yaitu bpk ibukku mukanya capek krg istirahat, sdh ke dokter umum juga tp bukan yg dr puskesmas, cuman minta obat utk pertolongan pertama, kata dokter disarankan ke rumah sakit ke ugd langsung, tp harap maklum saya tdk punya biaya utk ke sana, sambil di kasih obat, kalo aku di rumah saja, krn tdk bisa jalan ato bergerak, yg bergerak cuman jari kaki sama tangan, dikasih obat anti muntah dan pengendali asam lambung krn kata dokter kuatir saya ntar tdk bisa bernafas, 18 jam setelah minum obat 2 kali sehari langsung bisa bergerak, tp tdk langsung hrs dilatih selama 3o menit. Setelah itu sdh normal, dan kayaknya kemungkinan akan kambuh lagi makanya jaga kalium dlm tubuh kita, hati2 jika minum obat pereda nyeri krn bisa luka di lambung dan usus, saya pikir ini juga penyebabnya, parasetamol plg aman kayaknya, ato minum obat setelah makan spy lambung tdk luka sesuai aturan minum, makan makanan yg tdk menimbulkan asam lambung atau gas, makan teratur, makan bergizi, cukup olahraga, cukup istirahat, kurangi pekerjaan yg terlalu berat, makan ato minum yg mengandung kalium spy tdk kekurangan.. pocari sweat, air kelapa dll, dan jika sakit jangan bertengkar spy lekas sembuh krn baik hasilnya mati atau hidup yg penting kita hidup rukun shg dpt menikmati, mensyukuri hidup kita apa adanya. terima kasih Tuhan, terima kasih pak dokter semoga anda banyak rejeki, trima kasih semua yg turut membantu krn skrg saya masih bisa hidup dan trus bergerak, semoga kalian juga banyak rejeki. Semoga dg saya bagikan info ini, jika ada teman, saudara, org di lingkungan anda yg sdg sakit spt ini lekas sembuh, tdk mudah putus asa, dan terhindar dr kematian. Semoga bermanfaat.

  27. boyke yanuar isa December 20, 2014 at 2:05 pm #

    Maaf ini yg terbaru, yg sdh saya perbaiki, Aku barusan kenak lumpuh selama 2 hari dirawat di rumah, gara2 kekurangan kalium, awalnya 3 bln yg lalu ketika jongkok sukar berdiri, dlm keadaan spt ini saya msh beraktivitas spt biasa, berdiri saya paksa dg teknik duduk dikursi dahulu lalu saya berdiri, kdg gejalanya hilang kdg datang, saya obati cuman dg istirahat yg cukup, 1 bln berlalu saya tanya dokter di puskesmas, katanya suruh minum natrium diklofenak dahulu kalo tdk sembuh cek lab, setelah diminum rasanya enak sebentar tp kemudian sakitnya bertambah, trus ke dokter puskesmas lg, dokter beda, suruh cek lab pada kolesterolnya hasil agak rendah tp mendekati normal, katanya saya krg kalium, kasih resep diminum langsung enak tp obat cuman 3 hari, puskesmas jauh jd gak ke sana dulu utk minta obat, tiba2 aku lumpuh 2 hari , tubuh tdk enak, mual, sering muntah2, di dlm tubuh spt panas kekurangan oksigen, susah bernafas, sebetulnya bisa bernafas tp nafas mjd bertambah cepat krn oksigen yg kita hirup spt tdk bisa diserap tubuh, kalo ngomong suara tdk jelas agak spt pelat, tdk bisa bersin, batuk tdk bisa keras, tdk bisa BAB krn otot anus dan otot tubuh lemah mk spy bisa bernafas saya minta tolong ortu saya utk mengangkat tubuh saya miring kiri atau kanan dan kedua tangan diluruskan dinaik turunkan dari atas kepala lalu ke samping badan berulang kali spy bisa bernafas, hal ini terjadi selama 54 jam sampai2 yg bantu gerakin yaitu bpk ibukku mukanya capek krg istirahat, sdh ke dokter umum yg bayar juga tp bayar ga mahal, tapi bukan yg dr puskesmas, cuman minta obat utk pertolongan pertama, kata dokter disarankan ke rumah sakit ke ugd langsung, tp harap maklum saya tdk punya biaya utk ke sana, sambil dikasih obat, kalo saya waktu itu di rumah saja, krn tdk bisa jalan ato bergerak, yg bergerak cuman jari kaki sama jari tangan dan kepala, dikasih obat anti muntah dan pengendali asam lambung krn kata dokter kuatir saya ntar tdk bisa bernafas krn dehidrasi krg cairan akibat muntah, 18 jam setelah minum obat yg cara minumnya 2 kali sehari saya langsung bisa bergerak, tp tdk langsung hrs dilatih selama 30 menit. Setelah itu sdh normal, dan kayaknya kemungkinan terkadang akan kambuh lagi, saya lalu ke dokter yg terakhir, saya diberi suplemen kalium utk jaga2 diminum bila terasa sakit saja, dan skrg tubuh bisa digerakkan spt biasanya, makanya kita hrs jaga kalium dlm tubuh kita, hati2 jika minum obat pereda nyeri krn bisa luka di lambung dan usus, krn jika tubuh kita didiagnosa kurang kalium maka dokter selalu beri resep pereda nyeri, pereda nyeri pun ada tingkatannya dr yg keras sampai yg ringan, ada juga yg berdasar cara kerjanya, pokoknya dipilih yg tdk menyebabkan luka di saluran pencernaan, saya pikir ini juga salah satu penyebabnya, tapi saya pernah baca parasetamol plg aman kayaknya, ato minum obat setelah makan spy lambung tdk luka atau sesuai aturan minum, saya menyimpulkan penyebab kekurangan kalium adalah yg pertama adanya gangguan penyerapan zat2 penting yg dibutuhkan tubuh di saluran pencernaan mungkin krn luka di organ pencernaan, gangguan di pencernaan bisa membuat kita muntah trus krn saluran pencernaan ada asam lambung yg berlebih shg terasa panas dan dehidrasi shg penyerapan zat penting terganggu, kedua mungkin gangguan fungsi ginjal shg air kencing terlalu banyak membuang zat2 penting bg tubuh, ketiga krn keringat yg terlalu banyak shg zat2 penting spt kalium hilang, keempat saya pernah baca di dlm tubuh ada yg bisa mengatur keseimbangan kalium dlm tubuh kalo ga salah magnesium dan plasma apa itu lupa aku, mungkin itu juga yg diperbaiki, saran yg lain makan makanan yg tdk menimbulkan asam lambung atau gas, makan teratur, makan bergizi, cukup olahraga, cukup istirahat, kurangi pekerjaan yg terlalu berat, kurangi berkeringat terlalu banyak, makan ato minum yg mengandung kalium spy tdk kekurangan.. pocari sweat, air kelapa dll, dan jika sakit jangan bertengkar spy lekas sembuh krn baik hasilnya mati atau hidup yg penting kita hidup rukun shg dpt menikmati, mensyukuri hidup kita apa adanya. terima kasih Tuhan, terima kasih pak dokter semoga anda banyak rejeki, trima kasih semua yg turut membantu krn skrg saya masih bisa hidup dan trus bergerak, semoga kalian juga banyak rejeki. Semoga dg saya bagikan info ini, jika ada teman, saudara, org di lingkungan anda yg sdg sakit spt ini lekas sembuh, tdk mudah putus asa, dan terhindar dr kematian. Semoga bermanfaat.

Trackbacks/Pingbacks

  1. Malam Jumat « Bundamahes's Blog - April 1, 2011

    […] lebih seperti itulah transkrip (cieeeehhh..transkrip!) SMS saya dengan Putri Melati, jadi terharu […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 119 other followers

%d bloggers like this: